Pertamina Bakal Bermitra dengan BUMKam di Waykanan untuk Bangun Pertashop

Pertamina Bakal Bermitra dengan BUMKam di Waykanan untuk Bangun Pertashop

Dalam rangka memenuhi kebutuhan BBM masyarakat, PT. Pertamina (Persero) akan membangun lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) berskala kecil atau Pertashop melalui kerjasama kemitraan dengan pemerintah Kampung atau Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) yang ada di Kabupaten Waykanan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Waykanan Ixuan Ahmadi, S.Sos., menyatakan bahwa kemitraan membangun Pertashop dengan pemerintah Kampung tersebut terjalin berkat kerja sama antara Pertamina dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sesuai Undang-Undang No.30/2007 tentang Energi, Pertamina wajib menjamin ketersediaan energi di seluruh pelosok Nusantara.

Sebab itu, Pertashop merupakan solusi membangun lembaga penyalur kecil di seluruh Kampung atau Desa di Indonesia dengan mekanismenya, Pertamina menggandeng BUMkam untuk menjual BBM lewat SPBU mini. 

“Kampung atau Desa yang jauh dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) nanti akan dibangun Pertamini, atau dikenal dengan Pertashop, kemudian Pemerintah kampung yang menjalankan melalui BUMKam yang investasi sekaligus menjadi pengelola dengan keuntungan menarik,” tegas Ixuan Ahmadi.

Tetapi disisi lain, menurut Ixuan, sebelum melaksanakan hal itu pihaknya akan melakukan  sosialisasi terlebih dahulu, mulai dari tingkat Kampung sampai ke tingkat Kecamatan.

"Gunanya untuk mempertimbangkan beberapa aspek, ataupun akibat yang ditimbulkan, terutama jangan sampai mematikan usaha masyarakat kecil di sekitarnya," terang Ixuan.(wk1/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: