Tantangan New Normal, Mendagri Tito dan Gubernur Arinal Bahas Lomba Inovasi Daerah

Tantangan New Normal, Mendagri Tito dan Gubernur Arinal Bahas Lomba Inovasi Daerah

Medialampung.co.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi serta seluruh kepala daerah di Indonesia membahas lomba inovasi daerah dalam rangka persiapan tatanan nasional baru produktif dan aman Covid-19, demi menjawab tantangan New Normal.

Pembahasan inovasi daerah tersebut dilakukan Gubernur Arinal melalui video conference (vicon) di Ruang Command Center, Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, didampingi Kepala Badan Litbang, Jumat (29/5). 

Menurut Mendagri Tito, lomba tersebut memerlukan inovasi-inovasi guna menjawab tantangan new normal.

Lomba ini, lanjut Tito, dalam bentuk video singkat yang mensimulasikan kehidupan nyata new normal di tempat objek yang dibuat. 

Objek ini meliputi 7 (tujuh) sektor, yaitu pasar tradisional, pasar modern (mall-minimarket), restoran, hotel, PTSP, tempat wisata,  dan transportasi umum. 

"Aspek dan bobot penilaian ini terdiri dari kesesuaian protokol Covid-19 (40 persen), aplikatif/replikasi (30 persen), strong idea (kreatifitas/pembaharuan) (20 persen), dan kerja sama/kolaborasi (10 persen)," jelasnya.

Untuk tahapan penilaian, sosialisasi perlombaan dimulai 29 Mei 2020. Pembuatan dan pengiriman video 1 sampai 8 Juni 2020. Penilaian 9 sampai 12 juni 2020, dan pengumuman pemenang 15 Juni 2020. 

"Tim penilai terdiri dari Kemendagri, Kemenkes, Kemenkeu, Kemenpar,dan gugus tugas Covid-19," jelasnya. 

Pemenang akan diambil dari juara Pertama sampai ketiga di masing-masing sektor yang diperlombakan.

"Nantinya yang menang akan diekspos di media baik cetak, tv, elektronik, dan media sosial. Hal ini sebagai bahan penilaian dan contoh bagi masyarakat serta menjadi contoh new normal life yang baru," jelasnya. (*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: