Tanah Longsor Ancam Pemukiman Warga Pekon Karangagung

Tanah Longsor Ancam Pemukiman Warga Pekon Karangagung

Medialampung.co.id - Longsor yang terjadi di Pemukiman warga Pemangku Dua, Pekon Karangaagung, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), yang masuk ruas jalan kabupaten, membahayakan lantaran sudah menyentuh bagian belakang (dapur) beberapa rumah warga.

Peratin Setempat Hi. Sufrizal, S.E., menyampaikan, longsor itu terjadi Jumat pekan kemarin, hal itu disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang terjadi akhir-akhir ini.

Dan atas bencana alam longsor tersebut, pihak pekon telah mempersiapkan proposal permohonan pengamanan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai upaya pencegahan kerusakan lebih parah.

"Longsor yang terjadi sangat mengkhawatirkan kami terutama warga yang rumahnya di sekitar. Sebab sudah menyentuh dapur warga. Karena itu kami akan menyampaikan proposal penanganan kepada BPBD Lambar, untuk melakukan langkah pencegahan," ungkapnya. 

Lanjut Sufrizal jika kondisi longsor terus terjadi selain menyeret rumah warga juga akan terputusnya jalan milik Kabupaten yang menjadi akses ekonomi warga lingkungan menuju Pasar Senin Pajarbulan. 

"Volume longsor cukup besar dari pengukuran kami panjangnya saat ini mencapai 40 meter, dan kedalaman 30 meter, kalau kondisi cuaca terus seperti ini kita khawatir longsor terus bertambah," ujarnya. 

Dalam proposal itu Sufrizal berharap Pemkab Lambar melalui BPBD bantuan pemasangan bronjong penahan tanah, langkah menghentikan longsor sebagaimana kekhawatiran warga akan longsor yang sewaktu-waktu dapat terjadi. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: