Hujan Deras, Waybalau Meluap

Hujan Deras, Waybalau Meluap

Medialmapung.co.id - Hujan deras yang melanda Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), sejak Senin (2/3) malam hingga Selasa (3/3) dini hari berdampak meluapnya aliran Waybalau. Akibatnya, sejumlah rumah warga di perbatasan anatara Kelurahan Pasarkota Krui dan Kelurahan Pasarkrui, Kecamatan Pesisir Tengah terendam banjir.

Kabid Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Hermanto., mendampingi Kepala BPBD Pesbar Syaifullah mengatakan banjir itu yerjadi akibat luapan aliran Waybalau yang tidak mampu menampung debit air karena derasnya hujan, ketinggian banjir berkisar antara 50 centimeter hingga satu meter. " Selain itu meluapnya aliran Waybalau kemungkinan besar karena tidak maksimalnya aliran air menuju muara sungai di Pelabuhan Kuala Stabas," kata dia.

Kini pihaknya masih membantu warga membersihkan sisa banjir yang sempat menggenangi rumah warga. Sementara itu, ketika ditanya jumlah rumah yang terdampak banjir, diakuinya kini pihaknya masih melakukan pendataan.

" Sekarang kami bersama anggota BPBD masih berada di lokasi membantu membersihkan rumah warga sekaligus mendata berapa jumlah rumah yang terdampak," ujarnya.

Sementara itu Kaling Pasar Mulya Timur, Beni., mengatakan meluapnya aliran Waybalau, Selasa dini hari itu akibat akibat air tidak sampai lagi kemuara dan air laut naik masuk kedalam aliran sungai.  

" Banjir ini akibat hujan deras dan air laut naik ke aliran sungai, jadi saat hujan turun debit aliran waybalau meningkat, disaat bersamaan air laut ikut naik dan meluap kerumah warga," ungkapnya.

Ditambahkannya,sebagian besar rumah di lingkungan pasar mulya timur terendam banjir, beruntung banjir tidak berlangsung lama, setelah hujan reda banjir juga ikut surut, tapi menyisakan material lumpur dan sampah.

" Sekarang warga yang terdampak banjir masih membersihkan rumah mereka, termasuk rumah kami ikut terendam banjir, sekarang masih dibersihkan," tandasnya. (yogi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: