Tahun Depan, Lambar Hanya Terima DID Rp11,559 Miliar

Tahun Depan, Lambar Hanya Terima DID Rp11,559 Miliar

Medialampung.co.id - Turunnya pagu anggaran pemerintah pusat, ternyata berimbas terhadap berkurangnya dana insentif daerah (DID) yang akan diterima Kabupaten Lambar tahun 2022 mendatang.

“Dana insentif daerah yang diterima Kabupaten Lambar tahun depan turun,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Senin (11/10).

Dikatakannya, tahun ini jumlah DID yang diterima Kabupaten Lambar angkanya mencapai Rp31,611 miliar lebih namun tahun 2022 mendatang hanya menerima Rp11,559 miliar lebih atau berkurang sebesar Rp20,051 miliar lebih. 

Okmal menjelaskan, faktor turunnya jumlah DID yang diterima Kabupaten Lambar tahun depan dikarenakan pagu anggaran dari pemerintah pusat mengalami penurunan dari Rp13 triliun lebih namun tahun depan turun menjadi Rp6 triliun se-Indonesia sehingga otomatis dana yang akan diterima Kabupaten Lambar juga berkurang.

“Kalau se-Provinsi Lampung, Kabupaten Lambar berada di urutan kedua kabupaten penerima DID tertinggi untuk tahun 2022 mendatang,” kata dia.

Lanjut dia, sejauh ini pihaknya juga belum mengetahui kriteria-kriteria terkait pendapatan daerah bersumber dari DID tersebut. 

“DID merupakan salah satu dana transfer umum dari Pusat yang dialokasikan untuk memberikan insentif /penghargaan kepada daerah atas kinerja pemerintah daerah dalam perbaikan/pencapaian kinerja di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik, dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: