Hi. Arinal : Saya Ingin Lampung Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Hi. Arinal : Saya Ingin Lampung Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Medialampung.co.id - Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi menghadiri diskusi coffee morning dengan tema "Peningkatan Produktivitas dan Hilirisasi Komoditi Kakao dan Ubi Kayu di Provinsi Lampung" yang berpusat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Bandarlampung, Rabu (19/02).

Gubernur Hi. Arinal mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaku usaha juga sebagai wujud komitmen bersama untuk memajukan pertanian dan menjadikan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pembangunan pertanian nasional.

"Melalui agenda ini diharapkan dapat menyamakan persepsi seluruh stakeholder atas permasalahan dan alternatif solusi pengembangan komoditi kakao dan ubi kayu, serta memberikan saran dan masukan dalam penyusunan kebijakan pemerintah daerah untuk peningkatan produktivitas dan pengembangan hilirisasi produk," ujar Arinal.

Menurutnya, peningkatan produktivitas itu diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani kakao dan ubi kayu. Pengembangan hilirisasi produk juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada petani dan masyarakat secara luas," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, secara nasional Provinsi Lampung merupakan penghasil kakao terbesar ke-4, dan terbesar ke-2 di Pulau Sumatera, dimana sentra produksi komoditinya berada di Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Lampung Timur.

Sementara komoditi ubi kayu, Provinsi Lampung merupakan produsen terbesar se-Indonesia.

Ia juga mengimbau agar pemerintah provinsi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Biro Perekonomian, pelaku usaha, dan seluruh stakeholder yang terkait duduk bersama guna bersinergi merumuskan kebijakan dan tata kelola untuk mewujudkan Ekonomi Kerakyatan.

"Saya ingin Lampung ini menjadi tuan di negerinya sendiri, juga mewujudkan Lampung sebagai provinsi yang nyaman dalam berinvestasi," imbuhnya.

Sekadar diketahui, diskusi yang dimoderatori Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Taufik Hidayat, S.Sos, M.M, M.E.P., ini juga dihadir Karo Perekonomian Elvira Umihanni, S, M.T., Dinas Perkebunan Ir. Edi Yanto, M.Si., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Satria Alam, S.E, M.Si., dekan Fakultas Pertanian yang diwakili Dr. Ir. Kuswanta F. Hidayat, M.P., perwakilan dari Bank Indonesia, dan sejumlah dinas/instansi berkompeten. (rls/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: