Herman HN Hadiri Sertijab Kepala BPK Lampung

Herman HN Hadiri Sertijab Kepala BPK Lampung

Medialampung.co.id - Walikota Bandarlampung Herman HN turut menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Lampung bersama perwakilan dari Kabupaten se-Provinsi Lampung termasuk para Forkopimda dan pimpinan DPRD, Senin (9/11/).

Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan BPK Provinsi Lampung juga dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, anggota V BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A.CIPM.CSFA.CPA. dan Auditor Utama Keuangan V. Akhsanul Khaq. MBA. Ak. CFE. CMA.. CPA.CSFA, CA.

Kepala Perwakilan sebelumnya, Hari Wiwoho yang menjabat sejak Juli 2019 digantikan oleh Andri Yogama yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bengkulu.

Sekretaris Jenderal BPK melantik Andri Yogama sebagai Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Lampung pada tanggal 8 Oktober 2020 berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia No.l6 KX-N.3/10/2020. 

Hari Wiwoho, selanjutnya mengemban tugas baru sebagai  Kepala Auditorat IV.B pada Auditorat Keuangan Negara IV Anggota V BPK RI. 

Dalam sambutannya Hari Wiwoho menyampaikan, sesuai dengan amanah dan mandat konstitusi yang diberikan kepada BPK, BPK akan terus berupaya untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan nasional melalui pemeriksaan keuangan negara. 

Mencermati tuntutan masyarakat saat ini, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dituntut untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan saat ini. 

wujud transparansi dan akuntabilitas tersebut tercermin dalam opini BPK atas penyajian laporan keuangan pemerintah pusat itu pun pemerintah daerah dan juga proses penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung.

Pertanggungjawaban keuangan yang memperoleh opini WTP tersebut akan  lebih baik lagi, apabila disértai dengan peningkatan  kualitas pengelolaan keuangan daerah, yang diwujudkan dalam bentuk program, kegiatan maupun pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi yang baru di diharapkan mampu memperkokoh keberadaan BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung, dan memberikan kontribusi nyata dalam turut mewujudkan tata kelola Keuangan daerah yang lebih baik, serta dapat terus membina komunikasi yang baik dengan seluruh satuan kerja di Provinsi Lampung. 

Sedangkan, kepada para Pemangku kepentingan BPK di Provinsi Lampung, diharapkan komunikasi dan kerjasama yang telah berlangsung secara baik, dapat terus terpelihara.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: