Perayaan Nyepi di Pesbar Berlangsung Kondusif

Perayaan Nyepi di Pesbar Berlangsung Kondusif

Medialampung.co.id – Pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1942, bagi umat Hindu seperti di Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Rabu (25/3) berlangsung aman dan kondusif.

Peratin Pekon Marang, Heri Saputra, mengatakan pelaksanaan nyepi khususnya bagi warga Bali di Pekon Marang yang beragama Hindu itu dimulai sejak tadi pagi, semua warga hindu yang ada di pekon setempat melaksanakan nyepi di rumahnya masing-masing.

“Rangkaian perayaan nyepi di tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, tidak ada pawai ogoh-ogoh dan kegiatan lainnya yang melibatkan kerumunan masyarakat banyak,” katanya.

Ditambahkannya, hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) dan juga berdasarkan imbauan dari pemerintah maupun terkait lainnya.

Pihaknya juga berharap dalam perayaan nyepi itu berlangsung kondusif hingga selesai. Karena itu seluruh masyarakat di Pekon Marang diimbau tetap menjaga kekondusifan pekon.

“Sedangkan untuk jumlah umat Hindu di Pekon Marang ini ada sekitar 100-an lebih kepala keluarga (KK) yang melaksanakan nyepi,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Kantor Kemenag Pesbar, Hi.Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengharapkan dengan pelaksanaan Hari raya Nyepi bagi umat Hindu di tengah-tengah wabah merebaknya virus corona tersebut, mudah-mudahan hal itu dapat menjadi intropeksi diri bahwa sebagai makhluk Tuhan tidak bisa apa-apa dan hanya mengharapkan kemurahan hati sang pencipta agar wabah tersebut cepat berlalu.

“Dalam pelaksanaan Nyepi bagi yang merayakan khususnya di Pesbar ini tetap menjaga kekondusifan, begitu juga dengan masyarakat lainnya. Sedangkan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kita juga berharap masyarakat tetap waspada dan melakukan social distancing,” ujarnya.

Di Tempat terpisah, Kapolsek Pesisir Selatan, Iptu Sutaryo, mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar), AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik, M.H., mengatakan bahwa pelaksanaan Nyepi bagi umat Hindu yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan seperti di Pekon Marang tersebut berlangsung kondusif dan tidak terkendala.

Meski begitu pihaknya juga akan tetap melakukan patroli keliling untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Hindu dalam merayakan Nyepi.

“Kekondusifan tersebut tentu diharapkan tetap terjaga dengan baik, karena peran serta masyarakat cukup penting dalam mewujudkan keamanan dan kekondusifan pekon,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat menunda kegiatan resepsi pernikahan sesuai arahan dari Kapolri bahwa untuk sementara ini masyarakat diimbau agar dapat menghindari kerumunan massa sebagai upaya pencegahan wabah virus corona.

“Sesuai dalam maklumat Kapolri itu, kita berharap masyarakat dapat mengikuti dan memahaminya demi kepentingan bersama,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: