Hari Pertama Penyekatan, Lima Warga Luar Daerah Positif Covid-19

Hari Pertama Penyekatan, Lima Warga Luar Daerah Positif Covid-19

Medialampung.co.id - Hari pertama penyekatan pintu masuk Kota Bandarlampung di Pintu Tol ITERA yang dimulai pada Rabu (7/7), Walikota Bandarlampung bersama Forkopimda langsung bergerak dengan memberhentikan kendaraan yang berplat luar daerah dan langsung melakukan pemeriksaan swab antigen kepada seluruh para penumpang dari pulau jawa yang tidak membawa surat vaksin dan surat negatif Covid-19 dari daerah asal. 

“Dalam pemeriksaan tersebut ada lima orang yang dinyatakan positif dan langsung kita lakukan isolasi di Rumah Sakit Unila," ucap Bunda Eva--sapaan akrab Eva Dwiana. 

Dirinya mengaku tidak akan berhenti untuk melakukan penyekatan kepada kendaraan dari daerah-daerah lain dan luar Kota Bandarlampung. 

"Untuk warga yang melalui pos penyekatan diminta dapat menyiapkan surat vaksin dan surat negatif antigen agar bisa langsung melanjutkan perjalanannya," ujarnya.

Sedangkan, lanjutnya, jika hasil swab antigen dinyatakan positif Covid-19 maka akan dilakukan isolasi di rumah sakit Unila.

“Jadi untuk warga yang ingin memasuki Kota Bandarlampung bisa menyiapkan surat vaksinasi dan Test Negatif Antigen Covid-19 1x24 Jam, persyaratan ini mutlak karena ketentuan dari pusat," tegasnya.

Walikota Eva Dwiana mengungkapkan untuk seluruh daerah penyekatan pintu masuk yang ada di Kota Bandarlampung akan disiapkan petugas kesehatan untuk pengecekan antigen. 

"Bunda mohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat yang saudaranya akan ke Kota Bandarlampung untuk pengertian dan kerjasamanya untuk penyekatan ini. Semoga Kota Bandarlampung secepatnya masuk dalam zona kuning atau zona hijau," jelasnya

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli mengucapkan penyekatan hari pertama di Pintu Tol ITERA ditemukan beberapa orang dari Pulau Jawa terkonfirmasi positif dan akan dilakukan isolasi.

“Jadi kita sudah siapkan petugas kesehatan di lima posko penyekatan, tadi sudah ada yang terkonfirmasi warga dari Pulau Jawa. Jadi lima orang itu adalah warga Pesawaran, Pringsewu dan Tanggamus," sambungnya.

Lanjutnya ia menuturkan untuk ketersediaan tempat tidur isolasi di Rumah Sakit Unila masih tercukupi, jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan tempat isolasi.(jim/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: