Seleksi Bintara Polri Harus Objektif dan Akuntabel

Seleksi Bintara Polri Harus Objektif dan Akuntabel

Medialampung.co.id - Waka Polres Lampung Barat Kompol Alaiddin, SH, S.K,M.H., mewakili Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, SIK, MH., memimpin upacara pengambilan sumpah janji dan penandatanganan pakta integritas panitia seleksi dan perwakilan calon Bintara Polri tahun 2020 pada Rabu (19/8).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kabag Sumda Kompol Feri Anda Eka Putra, S.H.,  dua orang perwakilan calon Bintara Polri berikut orang tua serta sejumlah panitia seleksi yang terdiri dari personel intern dan ekstern Polri.

Kegiatan upacara yang dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polda Lampung tersebut diawali dengan pembacaan ikrar oleh masing perwakilan panitia seleksi, calon Bintara dan orang tua pendaftar, dilanjutkan pengambilan sumpah janji dan terakhir penandatanganan pakta integritas baik oleh panitia dan calon Bintara Polri tahun 2020.

Kompol Alaiddin saat membacakan amanat Kapolda Lampung terkait penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah dalam rangka seleksi penerimaan calon Bintara Polri tahun 2020 dalam masa adaptasi kebiasaan baru di wilayah Polda Lampung.

Dalam arahan Kapolda yang dibacakan oleh Waka Polres tersebut, pelaksanaan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan keseriusan polri untuk mewujudkan seleksi yang Objektif dan Akuntabel, sehingga diharapkan mendapatkan calon-calon Anggota Polri yang berkualitas dan memiliki keunggulan kompetitif serta bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) 

“Di tengah pandemi covid-19 yang sedang mewabah di hampir seluruh wilayah Indonesia maka pelaksanaan penandatanganan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah ini dilaksanakan secara Virtual dan Pabanrim melalui aplikasi google meet dan live streaming youtube.  [caption id="attachment_134796" align="aligncenter" width="1280"] Penandatanganan pakta integritas oleh panitia seleksi Bintara Polri tahun 2020[/caption]

Upacara yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi google meet dan live streaming YouTube ini diikuti sebanyak 3.279 calon Siswa Bintara Polri tingkat Polda Lampung yang terdiri dari Bintara PTU 3.088 casis, Bintara Komdis 187 CASIS dan Bintara Rekpro 4 casis.

“Diharapkan pelaksanaan proses penerimaan calon Bintara Polri tahun 2020 ini dapat dilaksankan dengan baik, berpedomadan dengan betah (Bersih, Transparan, dan Akuntabel) serta tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujarnya. 

Terusnya, untuk para peserta seleksi saya berpesan ikutilah kegiatan rekrutmen dengan rasa percaya diri dan tampilkan kemampuan diri secara maksimal. Untuk para peserta yang menggunakan jasa calo yang mengatasnamakan pejabat Polda atau menggunakan rekomendasi pihak tertentu maka akan saya diskualifikasi.(nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: