Sekolah Diimbau Lakukan Finalisasi dan Pemeringkatan Siswa

Sekolah Diimbau Lakukan Finalisasi dan Pemeringkatan Siswa

Medialampung.co.id - Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 saat ini hampir memasuki hari terakhir proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Tahapan pengisian PDSS hingga 8 Februari 2020.

Humas Badan Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung M. Komarudin mengimbau sekolah untuk segera melakukan finalisasi dan pemeringkatan siswa bagi sekolah yang belum melakukannya.

"Di PDSS ini verifikasi nilai, sekolah jangan sampai lupa melakukannya. Jadi sekolah harus benar-benar teliti memasukkan nilainya dengan benar," katanya, Kamis (6/2).

Kemudian, lanjutnya, sekolah melakukan pemeringkatan siswa dengan transparan, agar dapat diterima oleh siswa, maupun masyarakat.

"Kalau pemeringkatan keliru, biasanya akan ada protes dari para orang tua siswa, karena kan transparan. Lalu, penerimaannya juga nanti bisa dianulir," ujarnya.

Terpisah, Kepala SMA Negeri 9 Kota Bandarlampung Suharto menuturkan, pihaknya sudah melakukan pemeringkatan siswanya agar dapat mengikuti SNMPTN 2020. Ia mengaku, pemeringkatan telah dilakukan berdasarkan petunjuk dan aturan yang berlaku, serta secara transparan dan akuntabel.

"Kalau di petunjuk berdasarkan nilai, kalau ada nilai yang sama, ya pembobotan nilai akademik," ucapnya.

Sedangkan, berdasarkan dari LTMPT, data pengisian PDSS per 4 Februari kemarin, sekolah mengisi data sebanyak 16.002, sekolah finalisasi data 6.294, dan sekolah sudah pemeringkatan sebanyak 4.473.

Kemudian, siswa diisikan datanya 1.828.062, jumlah siswa punya akun LTMPT dan Diisikan Datanya 1.476.358; dan jumlah Siswa Punya Akun LTMPT dan Permanen Akun Diisikan Datanya 1.154.413. (rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: