Pemkab Way Kanan Studi Pembelajaran Literasi ke Lambar

Pemkab Way Kanan Studi Pembelajaran Literasi ke Lambar

Medialampung.co.id - Pemkab Way Kanan melakukan studi pembelajaran tentang literasi ke Kabupaten Lampung Barat, Rabu (2/10).

Kedatangan rombongan dari Pemkab Way Kanan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sarjak, S.H dan Sekretaris Tim GLD Lampung Barat Drs. Sandarsyah mewakili Ketua Tim GLD Partinia Parosil Mabsus di Sekretariat Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kecamatan Balikbukit.

Rombongan dari Kabupaten Way Kanan terdiri dari Suharmaji S.Pd, M.M Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Akhmad Khoirudin SE Ketua PIC Transformasi Perpustakaan,  Drs Suparno, M.M Ketua MKKS SMP Way Kanan dan Mustopa, S.Pd.M.MPd Kepala Sekolah SMPN 1 Way Kanan.

Usai melakukan kegiatan di Sekretariat Tim GLD Lampung Barat, rombongan dari Way Kanan berkunjung ke SMP Literasi di Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit dan mengunjungi Perpustakaan Pekon Padangtambak Kecamatan Way Tenong.

Sekretaris Tim GLD Lampung Barat Drs. Sandarsyah mewakili Ketua Partinia Parosil Mabsus menjelaskan Tim GLD di Lampung Barat memiliki Tag Line "Literasi Di Negeri Kopi Lampung Barat". Untuk Tim GLD nya dikukuhkan pada 27 September 2019 di di Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong, bersamaan dengan pengukuhan tersebut juga dicanangkan Pekon Padang Tambak sebagai Pekon Literasi oleh Bupati Parosil Mabsus.

"Aktifnya gerakan literasi di Lampung Barat selama kurun waktu satu tahun ini tidak terlepas dari komitmen ibu Ketua GLD Partinia Parosil untuk mendukung program Bupati Lampung Barat yang salah satunya adalah Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi,” kata Sandarsyah.

Lanjut dia, banyak masyarakat maupun penggiat-pengiat literasi dari berbagai komunitas yang juga mendukung gerakan ini di wilayahnya masing-masing, dan semua ini merupakan penerjemahan dari tujuan GLD untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah dan masyarakat, sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu, Ketua Rombongan dari Pemkab Way Kanan Suharmaji mengungkapkan bahwa studi pembelajaran yang mereka lakukan di Lampung Barat dalam rangka persiapan Kabupaten Way Kanan sebagai Kabupaten Literasi. "Beberapa hal penting yang menjadi tujuan kami ke Lampung Barat diantaranya kami mempelajari struktur gerakan literasi disini, juga struktur gerakan literasi kecamatan, tata cara pelantikan pengurus tim literasi daerah dan kecamatan. Kami juga berkunjung ke SMP Literasi di Sekuting Terpadu Kecamatan Balikbukit dan ke Kecamatan Way Tenong yang perpustakaan pekonnya selain juara 1 tingkat provinsi juga meraih juara harapan 1 di tingkat nasional tahun 2019 ini,” ungkap Suharmaji.

Suharmaji juga mengapresiasi kegiatan literasi di Lampung Barat yang banyak melibatkan para penggiat-penggiat literasi dari beragam komunitas. "Ada banyak hal yang akan menjadi pembelanjaran kami di Lampung Barat terkait gerakan literasinya yang aksinya kami nilai sudah sepatutnya menjadi contoh untuk kami terapkan di Kabupaten Way Kanan," pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: