Pemkab Tuba Raih APE dan Kabupaten Layak Anak 

Pemkab Tuba Raih APE dan Kabupaten Layak Anak 

Medialampung.co.id - Pemkab Tulangbawang (Tuba) mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). 

Penghargaan diserahkan langsung oleh I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Bupati Tulangbawang Winarti di Bandarlampung, Sabtu (27/11) malam.

APE adalah penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dengan menunjukkan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah. Kabupaten Tulangbawang meraih penghargaan APE kategori pratama.

Terdapat beberapa indikator penilaian untuk menakar keberhasilan sebuah daerah dalam pelaksanaan rangkaian program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak seperti: kelembagaan, dukungan forum, komitmen pemerintah, PUG, perlindungan terhadap kekerasan pada perempuan dan anak, serta partisipasi masyarakat dan penguatan.

Selain itu, Kabupaten Tulangbawang juga mendapatkan penghargaan KLA tingkat madya.

Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang telah menyelenggarakan kebijakan, program, dan kegiatan dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, melalui apresiasi kabupaten/kota layak anak (KLA) dan tim gugus tugas KLA Tulangbawang.

Untuk mewujudkan KLA sendiri tidak mudah. Semua klaster atau indikator dan prasyarat harus diperhatikan dan dipenuhi, seperti: kelembagaan, hak sipil, lingkungan keluarga, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, kegiatan budaya, perlindungan khusus, serta kebijakan pendukung lainnya.

Usai meraih penghargaan, Bupati Winarti mengucapkan terimakasih kepada Menteri PPPA, tim pemerintah daerah serta seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan atas kerja keras dan gotong royongnya.

Bupati menjelaskan, penghargaan ini merupakan wujud kerja nyata pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang ramah untuk anak.

"Ini juga bukti bahwa kebutuhan anak serta kepedulian pemerintah sangat besar terhadap tumbuh kembang anak-anak di Tulangbawang," kata Bupati Winarti, Minggu (28/11).

Menurut mantan ketua DPRD Tulangbawang tersebut, raihan KLA merupakan bentuk kerja keras dan gotong royong bersama di tengah pandemi Covid-19.

Sesuai arahan Menteri PPPA, kata Winarti, Pemkab Tulangbawang kedepan akan bergerak aktif mengawasi perkembangan serta kehidupan anak agar mendapatkan kehidupan yang layak. 

Selain itu, juga dapat terus berperan aktif melakukan beragam terobosan untuk memberdayakan kaum perempuan sehingga wanita Indonesia memiliki potensi, kualitas dan aktif serta kompetitif. (*/ADV)

Sumber: