Dinsos Lambar Kirim Empat ODGJ ke Yayasan untuk Dirawat

Dinsos Lambar Kirim Empat ODGJ ke Yayasan untuk Dirawat

Kepala Bidang Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Lambar Pathan, SE, MM.--

Medialampung.co.id - Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat (Lambar) hingga kemarin, Jumat (24/6) telah mengirimkan empat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) asal Lambar ke Yayasan Aulia Rahma Bandarlampung untuk dilakukan perawatan.

“Sejauh ini kita telah mengantarkan empat ODGJ ke Yayasan Aulia Rahma Bandarlampung untuk dirawat selama enam bulan. Empat orang itu rinciannya dua orang dari Kecamatan Pagardewa dua orang, satu orang dari Kecamatan Suoh serta satu orang berasal dari Kecamatan Waytenong,” ungkap Kabid Rehabilitasi Sosial Pathan, S.E., M.M., mendampingi Kepala Dinas Sosial Jaimin, S.I.P, Jumat (24/6)

Dijelaskannya, melalui program rehabilitasi sosial dasar penyandang disabilitas terlantar, anak terlantar, lanjut usia terlantar, serta gelandangan pengemis di luar panti social, pihaknya menyiapkan kuota sebanyak 10 ODGJ untuk ditangani tahun ini.

“Bersumber dari APBD 2022, kita tahun ini memprogramkan rehabilitasi sosial dasar penyandangan disabilitas terlantar, anak terlantar, lansia serta gelandangan pengemis di luar panti sosial untuk 10 orang, dan dari kuota yang ada baru empat orang yang telah dikirim,” ujar dia.

Lanjut dia, ODGJ yang ditangani tersebut bisa dari temuan dilapangan dan juga laporan dari masyarakat dan peratin.

“ODGJ yang ditangani tersebut harus warga Lampung Barat, memiliki identitas serta ada izin dari keluarga,” kata dia.

Masih kata Pathan, biaya yang akan dibantu oleh Pemkab Lambar untuk perawatan selama enam sampai delapan bulan oleh Yayasan Aulia Rahmah Bandarlampung. 

 

“Kita berharap setelah dilakukan penanganan maka yang bersangkutan akan kembali sehat dan bisa berbaur dengan masyarakat,” harapnya. (lus/mlo)

 

Sumber: