1.164 Siswa Madrasah di Pesbar Dapat Bantuan PIP

1.164 Siswa Madrasah di Pesbar Dapat Bantuan PIP

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

Medialampung.co.id - Sebanyak 1.164 siswa Madrasah baik Madrasah Iftidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan mendapat bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahap I tahun 2022 yang menjadi program Pemerintah Pusat dalam mendukung bidang pendidikan.

Kasi Pendidikan Islam, Ahmad Khotob, S.Ag., M.M., mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pesbar, Hi. Yulizar Andri., S.T., M.Ag., mengatakan, kini kantor Kemenag Pesbar masih terus berkoordinasi dengan pihak bank penyalur baik BRI dan Bank Mandiri terkait dengan penyaluran bantuan PIP tahun 2022.

“Untuk MI akan disalurkan oleh Bank BRI, kemungkinan saat ini sudah mulai disalurkan oleh pihak BRI. Karena untuk penyaluran bantuan dana PIP itu langsung ke rekening masing-masing siswa penerima,” katanya, Kamis (23/6).

Sedangkan, kata dia, untuk MTs dan MA akan disalurkan oleh Bank Mandiri. Sebelumnya, mengenai penyaluran bantuan dana PIP terutama bagi siswa MTs dan MA di Pesbar ini juga telah dikoordinasikan dengan pihak Bank Mandiri. 

Karena untuk pengambilan bantuan PIP itu harus langsung dilakukan oleh siswa penerima ke Bank Mandiri yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Sehingga, dengan mempertimbangkan jarak tempuh, maka dari pihak Bank Mandiri juga bersedia untuk jemput bola ke Kabupaten Pesbar.

“Karena itu, dalam penyaluran bantuan PIP untuk siswa MTs dan MA nanti akan dibagi sekitar dua zona yakni di Kecamatan Pesisir Tengah, dan wilayah Bangkunat, tapi yang jelas untuk zonanya masih akan dikoordinasikan lagi dengan pihak Bank Mandiri,” jelasnya.

Masih kata Khotob, kemungkinan awal Juli 2022 nanti sudah mulai disalurkan untuk siswa MTs dan MA, karena untuk siswa MI berdasarkan informasi dari pihak Bank penyalur itu sudah mulai disalurkan. 

Sedangkan, untuk jumlah siswa penerima bantuan PIP tahap I tahun 2022 dari total 1.164 siswa Madrasah di Pesbar ini dengan rincian MI sebanyak 558 siswa, masing-masing mendapat total bantuan PIP sebesar Rp450 ribu. 

Kemudian untuk MTs sebanyak 431 siswa, dengan total bantuan sebesar Rp750 ribu per siswa, dan MA sebanyak 175 siswa dengan total bantuan sebesar Rp1 juta rupiah.

“Bantuan PIP dari Pemerintah Pusat untuk siswa Madrasah di Pesbar ini diharapkan dimanfaatkan dengan baik untuk membantu kebutuhan sekolah siswa. Selain itu jika ditemukan ada pungutan mengenai PIP itu segera melapor ke kantor Kemenag Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Sumber: