Dinas P2KBP3A Gelar Pembentukan DASHAT di Pekon Tribudisyukur

Dinas P2KBP3A Gelar Pembentukan DASHAT di Pekon Tribudisyukur

--

Medialampung.co.id - Dalam rangka merayakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022, Dinas P2KBP3A Lampung Barat menggelar Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat untuk penurunan angka stunting melalui Pembentukan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Acara yang digelar di Balai Pekon Tribudisyukur, Kecamatan Kebuntebu, Kamis (23/6), dilakukan oleh Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk, Dra. Sri Rejeki Wuwuh Handayani, M.I.P., Didampingi oleh Kepala Dinas P2KBP3A Lambar, Sekretaris Camat (Sekcam) Kebuntebu, Dinas Ketahanan Pangan, Peratin, TP-PKK dan PCPI DPD Lampung.

Dalam kata sambutannya Sri Rejeki menyampaikan Pembentukan DASHAT di Pekon tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat untuk ikut serta dalam menangani kasus stunting.

Beberapa diantaranya dengan menyampaikan informasi mengenai cara mengolah bahan pangan lokal menjadi makanan yang sehat dan bergizi dan cara perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada para kader, ibu hamil, calon pengantin, ibu menyusui, Baduta dan dalam rangka peringatan Harganas ke 29.

Sementara itu Kepala Bidang Kependudukan Dinas P2KBP3A Sophan Sofian menyampaikan upaya pencegahan stunting masih terus di talakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dalam hal ini Dinas P2KBP3A melakukan program DASHAT dan terus melakukan sosialisasi melalui PlKB dan Kader di setiap Pekon di Lampung Barat.

Juga dikatakan utusan Dinas Ketahanan Pangan bagaimana menciptakan ketahanan pangan yang berkemandirian dengan menanam bahan pangan di lingkungan rumah.

 

Pembentukan DASHAT ditandai dengan, penyerahan dukungan DASAHAT, penyerahan buku menu bergizi, pemakaian topi Chef, Apron dan penyematan Pin Kemitraan oleh PCPI sebagai tanda konvergensi lintas sektoral/program dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Barat.(r1n/mlo)

 

Sumber: