Lamtim Kejar Target BIAN 2022

Lamtim Kejar Target BIAN 2022

--

Medialampung.co.id - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus berupaya mensukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr. Satya melalui Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Sartono menjelaskan, BIAN dilaksanakan mulai Mei 2022 lalu. 

Menurutnya, sasaran BIAN untuk Lamtim sebanyak 184.574 anak usia 9 bulan hingga 12 tahun. Dari jumlah tersebut, hingga saat ini telah terealisasi sebanyak 137.680 atau 74,6 persen. 

Dilanjutkan, untuk mencapai sasaran BIAN yang ditargetkan saat ini Dinas Kesehatan bersama seluruh Puskesmas yang ada di Lamtim masih terus melaksanakan imunisasi bagi anak-anak. Antara lain, dengan mendatangi sekolah-sekolah dan melaksanakan imunisasi di Puskesmas, Pustu dan Posyandu yang tersebar di 24 kecamatan.

Ditambahkan, kegiatan BIAN terbagi 2, yaitu imunisasi campak rubella untuk anak usia 9 bulan sampai 12 tahun. Kemudian, imunisasi kejar yaitu untuk melengkapi imunisasi dasar lengkap dengan sasaran anak 12 bulan sampai 59 bulan.

Diketahui sebelumnya, Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo berharap dukungan seluruh elemen masyarakat mensukseskan program imunisasi anak. 

Hal itu disampaikan Dawam Rahardjo saat pencanangan BIAN di Puskesmas Sukadana, Rabu (18/5).

Menurutnya, dengan adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Hal itu menyebabkan jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin banyak.

Karenanya dibutuhkan suatu upaya kolaboratif terintegrasi yang dapat mengharmonisasikan kegiatan imunisasi tambahan dan imunisasi kejar. Itu untuk menutup kesenjangan imunitas di masyarakat. Upaya tersebut dilaksanakan melalui BIAN.

 

"BIAN tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa dukungan seluruh lintas sektor dan elemen masyarakat," jelas Dawam dalam acara yang dihadiri Wakil Bupati Azwar Hadi, Plt.Kepala Dinas Kesehatan dr.Satya Nugraha dan para kepala OPD. (wid/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: