Muarabaru Konsisten Salurkan BLT-DD Sesuai Bulan Berjalan

Muarabaru Konsisten Salurkan BLT-DD Sesuai Bulan Berjalan

--

Medialampung.co.id - 84 keluarga di Pekon Muarabaru, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), kembali menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode Juni 2022.

Dalam pendistribusian tersebut dihadiri seluruh unsur satgas Covid-19 pekon dan kecamatan, diantaranya Camat yang diwakili Kasi PMP Ruslan, S.E., Pendamping Desa, petugas Babinsa dan Babinkamtibmas. Serta jajaran LHP maupun aparatur pemerintah pekon. 

Peratin Muarabaru Sanan menyebutkan, untuk penyaluran BLT-DD di pekon itu khususnya untuk triwulan kedua, sistem penyalurannya dilakukan persatu bulan sekali sesuai dengan bulan berjalan. Sebagaimana di penyaluran ini untuk periode Juni. 

Tentunya upaya tersebut agar bantuan uang tunai yang disalurkan lebih terfokus untuk dibelanjakan kebutuhan sehari-hari.

Seperti sembako atau jenis lainnya yang sifatnya urgent untuk kebutuhan rumah tangga. 

Kembali di singgung Sanan, salah satu himbauan yang disampaikannya kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar dalam pembelanjaan uang bantuan khususnya maupun lainnya agar dapat dilakukan di lingkup pekon memanfaatkan usaha warung yang ada. 

Hal itu sebagai upaya dalam menjaga perputaran ekonomi, artinya meskipun penerima bantuan hanya 84 Kepala Keluarga (KK) sesuai Keputusan Presiden tentang pemanfaatan 40 persen Dana Desa (DD) untuk BLT-DD, namun yang dapat merasakan manfaatnya lebih luas termasuk warga pemilik warung. 

Disisi lain Ia menyampaikan terimakasih atas konsistensi aparat pemerintah baik dari kecamatan maupun pertahanan, keamanan hingga petugas pendamping desa yang selalu konsisten mengawal, membina pekon dalam merealisasikan program termasuk BLT-DD.

Sanan, juga berharap dimasa yang akan datang 2023 penyaluran BLT-DD sudah selesai karena kondisi dunia semakin baik dan DD dapat kembali difokuskan untuk pembangunan fisik dan non fisik pekon. (r1n/mlo)

Sumber: