Pemkab Lambar dan DPRD Berjuang Bersama Perangi Covid-19

Pemkab Lambar dan DPRD Berjuang Bersama Perangi Covid-19

Medialampung.co.id - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar rapat pembahasan pencegahan dan penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) bersama unsur pimpinan DPRD, ketua komisi maupun ketua Fraksi yang digelar di Ruang Rapat Pesagi, Rabu (16/4). 

Dari unsur eksekutif dipimpin langsung oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Sekkab Akmal Abdul Nasir dan sejumlah kepala OPD. Sementara dari pihak legislatif dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Edi Novial, Wakil Ketua I Sutikno, Wakil Ketua II Erwansyah dan para ketua komisi dan Fraksi. 

Dalam sambutannya, Pakcik---sapaan Parosil Mabsus---mengungkapkan, rapat tersebut dilaksanakan dalam rangka menyatukan persepsi dan sekaligus meminta dukungan dari pihak legislatif dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah. 

"Saya ingin kebijakan yang akan kita laksanakan mendapatkan dukungan penuh dari DPRD karena ini tentunya berkaitan dengan refocusing maupun relokasi anggaran. Terlebih sulit diprediksi kapan berakhirnya Covid-19, apalagi sekarang ini sudah ditetapkan sebagai bencana nasional," ungkapnya. 

Menurutnya, melihat kondisi tersebut akan banyak kegiatan yang tidak menutup kemungkinan dilakukan pergeseran. Karena itu saya mengharapkan masukan dari DPRD, agar nantinya apa yang dilaksanakan tepat sasaran, tepat manfaat dan tidak menimbulkan masalah baru. 

"Saya ambil contoh jejaring sosial, jangan sampai ini tumpang tindih. Kalau kita kasih ke orang tidak saja sementara mereka sudah mendapatkan bantuan lain seperti PKH dan BNPT tentunya itu harus kita kaji bersama, karena ada keluarga yang dulunya menengah namun dengan adanya Covid-19 ini mereka masuk dalam kategori miskin, ini yang harus kita pikirkan bersama," kata dia. 

Ia juga menekankan, penanganan boleh cepat tapi tidak melanggar produk hukum, karena itu perlunya persetujuan dan kesepakatan antara eksekutif dan legislatif. 

"Jangan sampai sudah lelah dan malah menemukan persoalan hukum. Saya sekali lagi mengharapkan masukan dari pimpinan DPRD, pimpinan komisi dan pimpinan fraksi agar ini menjadi selera bersama," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Lambar Edi Novial  mengungkapkan, masalah Covid-19 wabah yang melanda di seluruh dunia.  kami dan apa yang sudah dilakukan oleh tim gugus tugas, dinas terkait pihaknya menyampaikan apresiasi. 

"Lampung Barat cepat dan tanggap dalam melaksanakan kebijakan. Mulai masing-masing pekon membentuk Satgas, empat posko pintu masuk, penyemprotan desinfektan serentak, dan kegiatan lainnya ini salah satu ikhtiar dari kita," ujar Edi. 

Ia juga juga sepakat agar semua bergotong-royong bersatu padu dan jangan pernah saling salah menyalahkan, harus saling dukung dan saling support, harapannya wabah tersebut segera tuntas

Wakil ketua I Sutikno menambahkan, bahwa ojhaknyaengapresiasi gotong-rotong yang dilakukan masyarakat. Ia menyampaikan masukan bahwa perlunya pendataan oleh gugus tugas, di setiap gugus tugas ada pos pos yang didata, langkah yang diselesaikan, untuk efisiensi anggaran . 

Wakil Ketua II Erwansyah menekankan kepada Dinas Kesehatan agar melakukan perencanaan matang, dan membeli peralatan-peralatan yang sesuai dengan standar sehingga kedepannya tidak muncul masalah. Selain itu permasalahan perbankan, dan bantuan yang akan dibagikan kepada masyarakat juga perlu menjadi catatan. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: