Pemkab Fokus Menata Kota Liwa

Pemkab Fokus Menata Kota Liwa

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar terus fokus untuk penataan Kota Liwa Kecamatan Balikbukit.

Dalam rangka penataan Kota Liwa tersebut tahun ini saja, pemerintah daerah menyiapkan dana sebesar Rp34,107 miliar lebih baik besumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) maupun anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), dan untuk tahun 2020 mendatang angkanya diharapkan meningkat dibanding tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, dalam rangka penataan Kota Liwa, pemkab telah mempersiapkan sejumlah kegiatan pada tahun 2020 mendatang, antara lain yaitu pembangunan Lamban Budaya (lanjutan), pembangunan ruang terbuka hijau (lanjutan), pembangunan Jembatan Merah di taman Hamtebiu (lanjutan), penataan trotoar dari kios buah Hamtebiu hingga dealer Honda. Kemudian, akan ada penataan Tugu Kayu Ara dengan menggunakan motif Celugam, serta rehab Masjid Al-Mansur Kelurahan Pasar Liwa.

“Dengan adanya sejumlah kegiatan itu, kita berharap Kota Liwa akan lebih tertata, terlihat indah dan rapi sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung,” ungkap Okmal, Rabu (20/11).

Masih kata dia, tahun ini dalam rangka penataan tersebut, pemerintah daerah menyiapkan anggaran Rp34,107 miliar lebih, rinciannya APBD 2019 sebesar Rp23,471 miliar lebih dan Rp10,636 miliar lebih bersumber dari APBN.

Dipaparkannya, sejumlah anggaran yang bersumber dari APBD itu diperuntukan untuk sejumlah kegiatan, antara lain pembangunan gedung budaya, pembangunan balai rakyat Kelurahan Pasar Liwa, rehabilitasi rumah bupati, rehabilitasi rumah dinas wakil bupati, rehabilitasi Masjid Bintas Mas Kawasan Sekuting Terpadu,  rehabilitasi Masjid Al Mansur Pasar Liwa, pengadaan tanag untuk TPA Kecamatan Balikbukit, serta pembangunan fasilitas pendamping Kebun Raya Liwa.

Kemudian, pembersihan drainase Kota Liwa, pemeliharana taman Hamtebiu, dan penataan Taman Kota Hamtebiu. “Selain itu ada juga peningkatan jalan penghubung Sebarus-Candik Padangdalom, peningkatan jalan lingkar Kota Liwa, peningkatan jalan Lingkungan Gg. Sumbai V 1 Waymengaku, peningkatan jalan lingkungan akses SDN Padangdalom, serta peningkatan dan pembangunan jalan non status. “Anggaran yang disiapkan untuk peningkatan jalan tersebut sekitar Rp4 miliar lebih,” imbuhnya.

Sementara yang bersumber dari APBN, lanjut Okmal, Rp10,636 miliar lebih itu digunakan untuk kegiatan Kebun Raya Liwa khususnya pembangunan taman bermain anak, serta supervisi. “Untuk teknis kegiatan yang bersumber dari APBD ada di tiga OPD yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ucapnya seraya menambahkan, dengan digelontorkan sejumlah anggaran tersebut diharapkan keberadan Kota Liwa akan lebih tertata dengan baik, serta lebih rapi dan indah. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: