Pemerintah Desa Tengah Data Warga Penerima BLT-DD

Pemerintah Desa Tengah Data Warga Penerima BLT-DD

Medialampung.co.id - Pemerintah Desa se Kabupaten Pesawaran saat ini tengah melakukan pendataan terhadap warga yang terkena dampak virus corona untuk mendapat bantuan langsung tunai yang dianggarkan melalui dana desa (DD)

"Saat ini desa masih mendata warga yang miskin dan tidak mendapat bantuan pemerintah seperti PKH dan bantuan pangan non tunai," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Zuriadi, Selasa (21/4).

Dikatakan, masyarakat yang menjadi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga yakni masyarakat yang bukan penerima PKH dan bantuan pangan non tunai atau bantuan pemerintah yang lainnya.

"Pemerintah pusat memperbolehkan dana desa digunakan untuk membantu warga yang terkena dampak corona salah satunya memberikan bantuan langsung tunai," ucapnya.

Batas anggaran yang boleh dialokasikan oleh desa lanjut mantan Kepala Bappeda yakni 25 persen dari dana desa bagi warga yang anggaran dana desa sekitar Rp 800 juta; kemudian anggaran dana desa sebesar Rp 800 sampai Rp 1,2 miliar maksimal 30 %. Dan anggaran dana desa dari Rp 1,2 miliar lebih dapat menganggarkan BlT maksimal 35 persen dari DD.

"Secepatnya refocusing APBDes kita tunggu, karena segera direalisasikan sejak April selama tiga bulan untuk BLT. Termasuk instruksi Menteri Desa agar desa menyiapkan fasilitas ruang isolasi bagi warga mereka yang pulang dari wilayah pandemi corona dan sudah kita berikan surat edaran," pungkasnya. (ozi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: