Pemdes Gedungagung Tetapkan 90 KPM BLT-DD 2022

Pemdes Gedungagung Tetapkan 90 KPM BLT-DD 2022

Medialampung.co.id - Bertempat di aula balai desa setempat, Pemerintah Desa Gedungagung melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun anggaran 2022 yang ditetapkan sejumlah 90 KPM penerima BLT-DD, Jumat (11/3).

Hal itu mengacu kepada Perpres 104, Peraturan Menteri Desa (Permendes) No.7/2021, tentang prioritas penggunaan dana desa, Tahun Anggaran (TA) 2022, serta Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) No.190/2022 dan juga tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No.43/2022.

Dalam peruntukannya minimal 40% dari pagu anggaran Dana Desa digunakan sebagai perlindungan sosial dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. 

Seperti diungkapkan kepala Desa Gedungagung Martono bahwa sebelum ditetapkan nya penerima telah dilakukan pendataan dan verifikasi oleh team, dan akhirnya dimusyawarahkan lewat musdes serta diputuskan sejumlah 90 KPM penerima bantuan BLT-DD di tahun 2022 ini. 

Dimana kriteria penerima bantuan yang dimaksud seperti keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di pekon bersangkutan dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrim. 

Kemudian warga yang kehilangan mata pencaharian. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun, kronis, keluarga miskin penerima jaringan pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan dari APBN. 

Serta Keluarga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 dan belum menerima bantuan, atau rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia. 

"Semoga kepada penerima Bantuan ini agar kiranya bisa dimanfaat dan digunakan sebaik-baiknya yang kiranya bisa membantu dalam pemulihan perekonomiannya," harap Martono.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekcam Jatiagung Sodri Alfian, SE., Staf Kasi Ekobang Kecamatan Sodikun, Kepala Desa Gedungagung Martono, BPD, Tenaga Pendamping Kecamatan Rhama Natha Yepy, Reka Rully, SH., Tenaga Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Aparatur desa, serta Masyarakat Calon KPM.(wji/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: