Pemkab Lampung Barat Akan Launching Car Free Day

Pemkab Lampung Barat Akan Launching Car Free Day

--

Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Barat mengagendakan akan melaksanakan Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) pada 26 Juni 2022 mendatang. 

Agenda tersebut telah dibahas saat jajaran Pemkab Lampung Barat melakukan kegiatan rutin Coffee Morning yang berlangsung di Aula Kagungan Setdakab. Lampung Barat pada Senin 13 Juni 2022 kemarin.

Rencananya, puncak launching Car Free Day itu akan dipusatkan di bundaran tugu kota Liwa. Hal tersebut didasari lantaran bundaran tugu kota liwa merupakan tempat strategis dan telah menjadi salah satu icon Kabupaten Lampung Barat.

Sementara untuk kegiatannya sendiri dipusatkan di taman kota Liwa Danau Hamtebiu sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kelurahan Pasar Liwa.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Lampung Barat Tri Umaryani menuturkan, sebelum itu pihaknya pun telah melakukan rapat dengan dinas terkait, pihak kepolisian baik Polres maupun Polsek berkaitan dengan dilaksanakannya acara tersebut.

Diketahui, Launching Car Free Day di kabupaten yang berjuluk negeri di atas awan tersebut merupakan kegiatan yang pertama kalinya akan dilakukan.

Selaku leading sektor kegiatan, Kepala Dinas Koperindag Tri Umaryani berharap kegiatan tersebut dapat terus dilakukan dengan agenda rutin.

"Harapannya tidak hanya dilakukan sekali ini saja, akan tetapi terus dilakukan," harapnya.

"Kedepannya akan dilakukan satu (1) minggu sekali, dua (2) minggu sekali atau satu (1) bulan sekali," sambungnya.

Dengan adanya agenda rutin Car Free Day tersebut, diharapkan kedepannya menjadi sarana hiburan bagi masyarakat serta dapat menggerakkan mendongkrak roda perekonomian masyarakat secara berkelanjutan. 

"Karena pada kegiatan ini, kita tidak fokus pada formalitas saja" cetusnya.

"Tetapi, bagaimana cara agar memenuhi kebutuhan masyarakat akan hari bebas kendaraan tersebut," imbuhnya.

Selanjutnya, Tri Umar Yani menjelaskan kegiatan tersebut berisi dukungan terhadap ekonomi kreatif seperti tari, pelayanan kesehatan, senam bersama, bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Sementara, menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus melalui Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Drs. Adi utama berharap, Dinas Perhubungan (Dishub) ikut bersinergi dan memonitor pelaksanaan kegiatan tersebut agar berjalan lancar.

 

Selain itu, ia pun berharap kepada seluruh jajaran perangkat daerah Lampung Barat agar dapat mendukung demi suksesnya kegiatan tersebut.(adv/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: