Pembangunan Dermaga Lampung-Babel Dimulai Mei 2022

Pembangunan Dermaga Lampung-Babel Dimulai Mei 2022

Medialampung.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar rapat membahas hibah lahan Dermaga Tanah Merah di Kabupaten Mesuji guna pengembangan  transportasi Lampung dan Bangka Belitung (Babel) serta meningkatkan kerjasama perdagangan dua daerah tersebut.

Rapat dilakukan di Ruang Command Center Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung, Selasa (5/4). 

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, Perwakilan dari Bappeda, BPKAD, dan Karo Hukum Provinsi Lampung. Selain itu, turut rapat melalui virtual perwakilan BPN, dan Direktur PT CPB Armand Zakaria Diah.

Fahrizal Darminto menyampaikan bahwa rapat hari ini sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Bangka Belitung serta BUMD. Maka akan dibangun Dermaga penghubung dari Lampung ke Bangka Belitung.

”Terkait hal ini juga telah kita disampaikan kepada Menteri Perhubungan dan sangat mendukung untuk kemajuan Provinsi Lampung dan Bangka Belitung,” kata Fahrizal Darminto.

Lanjutnya, selama ini sektor perdagangan Bangka Belitung terutama untuk hasil bumi dan ternak banyak didapatkan dari DKI Jakarta. Sementara itu di Provinsi Lampung melimpah. Oleh karena itu dibangun kerjasama Provinsi Lampung dan Bangka Belitung untuk memudahkan kebutuhan Bangka Belitung.

“Ada beberapa alternatif pelabuhan sebagai konektivitas dengan Bangka Belitung, dengan mempertimbangkan efisiensi maka dipilih Dermaga Tanah Merah di Kabupaten Mesuji,” jelas Fahrizal. 

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menyatakan Gubernur Arinal  berkeyakinan bahwa dengan diadakannya kerjasama dengan Bangka Belitung dan dengan dibangunnya Dermaga Tanah Merah, maka akan mengembangkan perekonomian Lampung bagian Timur-Utara, dengan kabupaten Mesuji sebagai pusatnya.

“Harapannya di puasa minggu kedua sudah ada pembangunan Dermaga Tanah Merah bisa di launching. Tetapi karena berbagai hal kemungkinan pertengahan Mei baru bisa dilaksanakan," terang Bambang Sumbogo. (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: