Wisatawan Asing Makan Pecel Organik di Agrowisata UM Metro

Wisatawan Asing Makan Pecel Organik di Agrowisata UM Metro

Medialampung.co.id - Agrowisata Kebun Organik binaan Universitas Muhammadiyah (UM) Metro di Karang Rejo, Metro terima kunjungan wisatawan asing dari Perancis, pada Jumat (21/8).

Menariknya, wisatawan yang diketahui bernama Mikael David Stephane Jazdzyk, Ph.D  ini ikut makan pecel organik bersama warga setempat di lokasi.

Selain Mikael, pengunjung lain juga ikut makan pecel organik di tempat yang sama, seperti Dra. Elly Lestari Rustiati, M.Sc. (Dosen Universitas Lampung), tim konsorsium Unila-ALeRT Sumatera, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Braja Harjosari dan Pokdarwis Labuhan Ratu VII Lampung Timur.

Ketua Tim PPUPIK UM Metro Dr. Agus Sutanto, M.Si. menerangkan, kunjungan ini merupakan awal yang menggembirakan di masa tatanan baru.

“Alhamdulillah kita kedatangan tamu spesial hari ini. Ada wisatawan asing, ilmuwan dari Unila, Pokdarwis dari Lampung Timur. Saya rasa ini cukup membanggakan bagi kita semua,” ujarnya, Jumat (21/8).

Ia menambahkan, kunjungan ini merupakan kegiatan berbagi informasi mengenai pengelolaan kebun organik kepada Pokdarwis Braja Harjosari dan Labuhan Ratu VII.

“Kita sharing sama mereka (Pokdarwis), tentang pengelolaan Agrowisata Kebun Organik Karang Rejo ini mulai dari penyediaan lahan, manajemen tim lapangan, pengolahan tanah dengan memanfaatkan pupuk kompos dan PUMAKKAL sebagai starter yang dikembangkan tim PPUPIK UM Metro hingga jenis tanaman sayuran,” jelasnya.

Dalam pengelolaan kebun organik ini, pihaknya berusaha memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Melalui dedaunan yang dijadikan pupuk kompos. 

"Karena kami berkomitmen, gunakan apa yang di sekitar kita, insya Allah bisa berguna dan sehat bagi kita,” tambahnya.

Sementara itu, Sarjono pengelola Agrowisata Kebun Organik Karang Rejo mengaku sayuran yang ia tanam memberikan rasa aman bagi dirinya sendiri.

“Adanya kebun organik ini, saya sendiri merasa aman untuk mengkonsumsinya. Dulu saya sebelum membudidayakan sayur organik, gak berani makan tanaman saya sendiri. Saya pernah memberi ikan peliharaan saya dengan beberapa dahan sayuran, ikan saya mati. Saya gak berani ngasih makan sayuran yang saya tanam sama anak (dan) istri saya,” tuturnya.

Dari sisi ekonomi, Sarjono menilai pendapatan melalui budidaya sayur organik lebih menguntungkan. 

“Alhamdulillah melalui budidaya sayur organik, penghasilan ya bertambah dibanding sebelum pake organik. Karena modalnya kecil dan penghasilannya cukup sesuai. Kalo dulu, sebelum ini, habis panen, uangnya langsung habis untuk modal dan lain-lain,” jelasnya.

Dr. Achyani, M.Si. yang juga menjadi anggota tim PPUPIK UM Metro menambahkan, kendala budidaya sayur organik ini masih berkutat pada pangsa pasar yang belum meluas. Menurutnya sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnya kesehatan bagi kelangsungan masa depan.

“Pelanggan sayur kita dari para pengunjung yang notaben ekonominya menengah ke atas, mereka berkunjung ke sini, kemudian berkunjung lagi. Tapi kita belum ada langganan khusus yang diantar dari rumah ke rumah. Kita akui memang masih lemah dari manajemen pemasarannya,” tuturnya.

Kunjungan ini juga dihadiri Dr. Hening Widowati, M.Si, Nedi Hendri, S.E., M.Si., Akt., CA., ACPA., CPA., CRA, dan Fenny Thresia, M.Pd. yang juga anggota tim PPUPIK UM Metro. Selain itu hadir juga Sri Retnaning Rahayu, M.M. yang merupakan dosen UM Metro. (pip/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: