Hingga Juni, 32 Kasus DBD Terjadi di Pesbar

Hingga Juni, 32 Kasus DBD Terjadi di Pesbar

Ilustrasi DBD. (Pixabay.com)--

Medialampung.co.id — Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat hingga Senin (20/6) jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di kabupaten setempat mencapai 32 kasus yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Lisma Yunita, S. St., mendampingi Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S. Km., mengatakan ke 32 kasus DBD itu terjadi sejak januari hingga Juni 2022.

“Hingga kini kasus DBD masih terjadi di Kabupaten Pesbar, meski begitu kasus yang terjadi tidak terlalu banyak dan masih bisa dikendalikan sehingga tidak semakin meluas,” kata dia.

Dijelaskannya, data kasus DBD itu merupakan hasil laporan yang diterima dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Pesbar selama Januari hingga Juni yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Seluruh Puskesmas setiap bulan rutin menyampaikan laporan terkait penyebaran penyakit yang menyerang masyarakat di wilayah masing-masing, salah satunya kasus DBD sehingga kita bisa langsung mengetahuinya,” jelasnya.

Dikatakannya, kasus yang terjadi selama Juni sebanyak delapan kasus, dari jumlah itu dua orang masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Bandarlampung, satu orang lagi masih menjalani rawat jalan dan lima orang lainnya telah dinyatakan sehat.

“Kita berharap kembali terjadinya kasus DBD di tengah masyarakat dapat diwaspadai dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menerapkan 3M Plus dan menjaga kebersihan lingkungan rumah,” terangnya.

Ditambahkannya, dengan adanya kasus DBD itu, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas terutama Puskesmas wilayah ditemukan kasus DBD, agar melakukan pemberantasan jentik nyamuk penyebab DBD, membagikan larvasida, dan melakukan pengasapan.

 

“Fokus kegiatan dilakukan di pekon wilayah ditemukan pasien DBD, karena itu petugas kesehatan harus berupaya melakukan upaya terbaik dalam melakukan pencegahan, Selain itu, masyarakat juga diminta untuk bersama-sama memberantas serangan DBD dengan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

Sumber: