Talud Penahan Abrasi Pantai Tanjung Setia Rusak

Talud Penahan Abrasi Pantai Tanjung Setia Rusak

--

Medialampumg.co.id — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), diharapkan dapat memperhatikan dan menangani talud yang rusak akibat abrasi pantai di kawasan pantai Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan.

Pasalnya, talud yang sudah lama rusak  akibat dampak abrasi itu kini kondisinya kian parah. Sehingga, jika tidak segera ditangani bukan hanya mengancam lahan dan bangunan rumah warga, tapi juga mengancam ruas jalan lintas barat (jalinbar) di wilayah itu.

Camat Pesisir Selatan, Mirton Setiawan, S.Pd, M.M., mengakui, kondisi di sepanjang pinggir wilayah pantai di Kecamatan Pesisir Selatan itu sudah banyak yang terdampak akibat abrasi pantai. 

Salah satunya di Pantai Tanjung Setia itu yang berbatasan dengan jalinbar. Jika tidak segera ditangani dikhawatirkan abrasi pantai akan semakin parah.

“Saat ini tidak ada lagi penahan ombak, mengingat talud yang pernah dibangun sebelumnya kondisinya juga sudah rusak akibat diterjang ombak besar,” katanya, Senin (20/6).

Karena itu, saat ini abrasi pantai tersebut sudah sangat mengkhawatirkan dan mengancam ruas jalinbar. Bahkan sudah terlihat lahan yang ada di wilayah itu pun kembali tergerus ombak. 

Untuk itu, pihaknya berharap kepada Pemkab Pesbar melalui instansi terkait maupun pihak terkait lainnya agar dapat memprioritaskan dan memperhatikan kondisi abrasi pantai di wilayah itu.

“Mudah-mudahan segera mendapat perhatian baik dari Pemkab Pesbar, Pemprov maupun Pemerintah Pusat, sehingga kondisi abrasi di wilayah itu bisa segera ditangani, setidaknya kembali dibangun talud penahan abrasi,” jelasnya.

Terlebih, kata dia, wilayah pinggiran pantai yang terdampak abrasi itu juga ada salah satu muara sungai. Dengan begitu jika terjadi banjir di muara sungai itu jelas akan menambah dampak abrasi pantai di wilayah itu. Karena itu, kedepan diharapkan wilayah muara sungai yang ada di pekon Tanjung Setia itu juga bisa dibangun talud.

 

“Meski membutuhkan anggaran yang mungkin tidak sedikit, setidaknya kondisi itu bisa menjadi perhatian semua pihak, agar kedepan benar-benar bisa ditangani kembali dengan maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: