RSUD Alimuddin Umar Krisis Oksigen, Pasien Covid-19 'Waiting List'

RSUD Alimuddin Umar Krisis Oksigen, Pasien Covid-19 'Waiting List'

Medialampung.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar Kabupaten Lampung Barat mulai mengalami krisis oksigen. Karenanya untuk sementara waktu pasien terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) harus masuk daftar tunggu (waiting list) dan sementara menjalani perawatan di puskesmas rawat inap. 

Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman, Sp.A, M. Kes., mengungkapkan,  saat ini rasio antara jumlah pasien dengan kebutuhan oksigen sudah sampai pada titik maksimal, sehingga belum memungkinkan lagi untuk bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 dan mengalami gejala berat dan membutuhkan oksigen. 

"Saat ini kami merawat sebanyak 29 pasien terkonfirmasi Covid-19, rata-rata mereka mengalami gejala berat dan membutuhkan dosis oksigen yang tinggi, jika hanya membutuhkan satu atau dua liter per menit mungkin masih bisa kita menerima rujukan lagi," ungkap Iman. 

Untuk satu pasien, kata dia, per harinya membutuhkan dua setengah hingga tiga tabung dengan kapasitas per tabungnya sekitar enam kubik, dengan jumlah pasien yang telah mencapai 29 pasien maka saat ini masalah oksigen menjadi kendala. 

"Untuk pengambilan oksigen di Lampung Tengah itu antre panjang, karena hampir semua rumah sakit di Lampung ini membeli disana, ini membuat lamanya proses membawa oksigen ke Liwa," kata dia. 

Karena itu untuk sementar waktu pihaknya menerapkan sistem waiting list. Pasien yang mendapatkan penanganan pertama di puskesmas menjalani perawatan terlebih dahulu di puskesmas. Ketika nantinya terdapat pasien yang sudah lagi memerlukan oksigen atau pulang maka pasien bisa dirujuk ke rumah sakit. 

"Pasien yang akan dirujuk juga harus menjalani swab terlebih dahulu, dan masuk waiting list, kami akan informasikan lagi ke puskesmas jika ada pasien kami yang sudah pulang atau tidak lagi butuh oksigen karena kondisinya sudah membaik," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: