109 KPM di Pekon Hujung Terima BLT-DD, Ini Pesan Peratin

109 KPM di Pekon Hujung Terima BLT-DD, Ini Pesan Peratin

--

Medialampung.co.id -Usai menggelar rapat koordinasi (Rakor) bulanan lintas sektoral. Aparatur pemerintah Pekon Hujung , Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat menyalurkan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk periode April dan Mei tahun 2022 bertempat di balai pekon setempat Senin (20/6). 

Hadir Camat Belalau Drs Akmal Hakim ,Babinsa dan Bhabinkamtibmas, pendamping desa PLD, LHP, Perawat Pekon serta 109 keluarga penerima manfaat (KPM) BLT-DD.

Dalam kesempatan itu, Peratin Hujung Ismet Liza berpesan kepada para KPM agar mempergunakan bantuan tersebut sebaik mungkin, mengingat bantuan ini hanya bersifat sementara.

“Jadi bantuan ini sifatnya sementara, tidak ada jaminan tahun depan program ini masih bergulir, apalagi hasil musyawarah Apdesi di tingkat nasional, pemerintah pekon atau desa sepakat menyampaikan aspirasi untuk usulan perubahan Perpres nomor 104 dari minimal 40 persen dana desa untuk BLT-DD menjadi maksimal 40 persen,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, apabila usulan tersebut disetujui dengan angka maksimal 40 persen maka kemungkinan KPM BLT-DD yang dimulai pada periode bulan Juli mendatang akan berkurang.

“Alasan adanya aspirasi dari seluruh pemerintah pekon di indonesia untuk mengajukan perubahan perpres itu karena menyangkut kekuatan anggaran pekon, karena kita fokus pada angka minimal 40 persen Dana Desa untuk BLT maka kegiatan lainnya terhambat terutama pada sektor pembangunan,” ujarnya.

Untuk itu ismet berharap apabila perpres tersebut berubah, masyarakat dapat memahami apabila terjadi pengurangan KPM BLT-DD, mengingat masih banyak aspirasi masyarakat yang masih menjadi PR yang belum terselesaikan terutama pada sektor pembangunan.

“Terkait penyaluran BLT-DD Hari ini, kita salurkan untuk dua bulan yakni periode April dan Mei tahun 2022 kepada 109 KPM yang setiap KPM menerima Rp 900 Ribu dan untuk penyaluran tahap selanjutnya atau periode Juni akan kita realisasikan setelah bulan berjalan atau pada awal juli mendatang,” imbuh dia.

Sementara Dalam kesempatan itu, Camat Belalau Drs akmal hakim juga berpesan kepada para KPM agar dapat BLT-DD agar memanfaatkan bantuan dengan baik, terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan. 

 

“Bantuan ini merupakan kebijakan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, seperti yang disampaikan peratin manfaatkan bantuan ini dengan baik karena ini sifatnya sementara,” pesannya.(edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: