Warga Pekon Tigajaya Gotong Royong Bangun Jalan

Warga Pekon Tigajaya Gotong Royong Bangun Jalan

Medialampung.co.id - Warga bersama aparat Pekon Tigajaya, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan, gotong royong (Bebatoh Khani Kecah) bertempat di Pemangku Sukosari dan Pemangku Filaujung, Jumat (6/11).

Dalam kegiatan itu warga melakukan penataan badan jalan yang masih tanah merah,  berupa pembangunan rabat beton dengan sumber dana swadaya dan bantuan dari pribadi peratin.

Kegiatan gotong royong dipimpin langsung Peratin Prayitno, dan jajaran bersama petugas babinsa yang datang memberikan semangat kerja kepada warga. 

Disebutkan Prayitno, kegiatan bebantoh khani kecah itu merupakan warisan budaya yang harus dipertahankan ditengah kemajuan dunia, dan masuknya budaya luar.

Prayetno, mengatakan melalui warisan Bebatoh Khani Kecah masyarakat bukan saja dibimbing untuk menjaga kebersamaan, tetapi juga ajakan untuk menjadi masyarakat yang mandiri. Artinya tidak hanya menunggu dan menunggu bantuan dalam melengkapi kebutuhan seperti tentang fasilitas umum.

Apalagi seperti di pekon itu, keberadaan wilayah yang lumayan luas, tentu tidak bisa tersentuh program pekon secara bersamaan lantaran keterbatasan dana. Sehingga dengan adanya swadaya maka menjadi kewajiban pemerintah pekon untuk melakukan upaya pembangunan lanjutannya. 

Sementara dikatakan Wasril Hadi kegiatan gotong royong itu merupakan inisiatif warga yang mendapat dukungan penuh dari peratin. 

"Alhamdulilah dengan swadaya kami dapat membanun jalan ini, walaupun volumenya sesuai kemampuan dana dan bantuan yang masuk termasuk bantuan material dari pak peratin," ungkapnya.

Pihaknya berharap nantinya jalur itu akan mendapatkan bantuan pembangunan, guna kelancaran aktifitas warga. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: