Gubernur Arinal Resmikan SMKN Pertanian Air Naningan

Gubernur Arinal Resmikan SMKN Pertanian Air Naningan

Medialampung.co.id - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan SMK Negeri Pertanian Air Naningan, Gedung program revitalisasi dan unit sekolah baru SMK SMA Provinsi Lampung, serta gedung kantor Cabang dinas wilayah III, V dan VII pada dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Kegiatan peresmian berlangsung di Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Rabu (30/3). 

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar, bupati Tanggamus Dewi Handajani, ketua komisi V DPRD Provinsi Lampung, jajaran Forkopimda, Sekkab Hamid H Lubis, para kepala OPD, Camat, kepala Pekon, tokoh masyarakat serta para siswa dan dewan guru. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam arahannya ia mengucapkan syukur atas peresmian pada hari itu. 

Dalam rangka mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan provinsi Lampung diperlukan kontribusi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan termasuk pemerintah Pekon (desa). Karenanya kita perlu sinergi, partisipasi serta respon antar jenjang pemerintah yang menjadi kunci keberhasilan kita bersama, kata Gubernur. 

Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu penghasil kopi di Lampung. Dan kopi Lampung telah sangat dikenal bahkan telah mendunia. 

"Karenanya mendirikan sekolah kejuruan di sektor pertanian, saya menjadi bersemangat karena saya ingin kopi Tanggamus termasuk kopi dari kabupaten lain, cukup 60 persen yang di ekspor dan 40 persen harus diolah oleh kabupaten dan para petaninya untuk kebutuhan Indonesia," terang Arinal Djunaidi. 

Selanjutnya Arinal Djunaidi juga mengatakan, Kecamatan Gisting dan kecamatan Ulubelu akan dijadikan sentra hortikultura yang nantinya SMK Pertanian ini yang harus banyak terlibat menciptakan hilirisasi nya dalam rangka peningkatan pendapatan petani, kata Gubernur.

Sementara bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mengucapkan selamat datang kepada Bapak Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang telah berkenan hadir di Kabupaten Tanggamus.  

Ini merupakan kunjungan kedua kali dalam kurun setengah bulan terakhir. Menurutnya, perhatian sangat besar Pemerintah Provinsi Lampung menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Tanggamus. 

“Kehadiran Bapak Gubernur ke Kecamatan Air Naningan ini kami harapkan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja kami dalam pembangunan di wilayah Kecamatan Air Naningan, khususnya pembangunan bidang pertanian dan perkebunan yang memang potensi unggulan di Kecamatan Air Naningan ini,” ungkap Dewi. 

Pembangunan SMK Pertanian ini memang sangat diharapkan, karenanya kedepan SMK ini mudah mudahan dapat menjadi SMK Pertanian Terpadu di Kabupaten Tanggamus.

Ini melihat potensi pertanian di Kabupaten Tanggamus sangat besar, dan juga untuk menciptakan generasi petani yang handal, melalui penyediaan tenaga-tenaga penyuluh yang berkualitas.

Pertanian merupakan sektor unggulan perekonomian di Kabupaten Tanggamus dengan menyumbang 40% PDRB. 

Ke depan kami juga meminta dan mengusulkan Kepada Bapak Gubernur agar SMKN 1 Air Naningan ini menjadi SMK Pertanian Terpadu, dengan ada penyempurnaan kurikulum yang di dalamnya terdapat jurusan Bidang Pertanian, Bidang Peternakan dan Bidang Perkebunan disertai sarana dan fasilitas untuk pelatihan.

“Untuk itu Pemkab Tanggamus bersedia menyediakan sharing anggaran untuk penyediaan lahan dan fasilitas percontohan kandang-kandang ternak serta penyediaan asrama,” kata bupati. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Sulpakar dalam laporannya mengatakan, SMKN Pertanian Air Naningan dalam rangka mewujudkan visi rakyat Lampung berjaya dan mendukung program kartu petani berjaya mengembangkan dua jurusan. 

“Antara lain jurusan Agribisnis tanaman pangan dan hortikultura (ATPH) yaitu merupakan bidang keahlian yang bergerak dalam bidang tanaman baik tanaman pangan hortikultura Perkebunan maupun tanaman hias,” terang Sulpakar. 

Bersama dengan peresmian SMK pertanian ini, juga diresmikan bangunan unit sekolah baru, tiga gedung kantor Cabang dinas dan lainnya. 

Usai acara Gubernur dan rombongan meninjau Stand bazar SMK/SMA kabupaten Tanggamus. (ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: