Anggaran Rp31 Juta/Pekon Untuk Pelaksanaan Pilkakon

Anggaran Rp31 Juta/Pekon Untuk Pelaksanaan Pilkakon

--

Medialampung.co.id - Tahapan demi tahapan terus dimatangkan jelang pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak di Kabupaten Tanggamus yang rencananya akan dilaksanakan 7 Juli 2022 mendatang. 

Salah satunya terkait anggaran, jumlah anggaran yang disiapkan oleh Pemkab Tanggamus untuk Pilkakon sebesar Rp 31 juta lebih per pekonnya, belum termasuk jika ada TPS tambahan.

Sementara jumlah pekon yang akan melaksanakan pilkakon serentak  yakni 68 pekon, jumlah anggaran itu sudah sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan untuk pemilihan kepala pekon," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanggamus,  Arpin. 

Selain itu  tahapan yang telah dilakukan yakni tes bagi bakal calon (Balon) kepala pekon dan pengundian nomor urut calon.

Arpin menerangkan, tahapan pelaksanaan pilkakon terhitung per tanggal 13 Juni 2022 yakni pengumuman hasil seleksi bakal calon kakon, yang mana pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan telah menyampaikan surat hasil seleksi kepada 10 panitia pelaksana pilkakon di tingkat pekon yang melakukan tes.

Bakal calon kakon yang ikut serta dalam tes berlangsung di  UIN Raden Intan sejumlah 66 balon kepala pekon, berasal dari Pekon yang Balon Kakonnya lebih dari 5 orang bakal calon.

"Selanjutnya tahap penetapan bakal calon menjadi calon kepala pekon, dan nomor urut, sistemnya nanti panitia Pilkakon tingkat pekon menetapkan calon kepala pekon berdasarkan hasil yang disampaikan," kata Arpin.

Ia menerangkan, ditetapkannya calon kepala pekon yakni berdasarkan ranking bukan karena lulus atau tidak lulus. 

Maka, lanjutnya, wewenang sepenuhnya menentukan itu ada di panitia pemilihan kepala pekon di  tingkat pekon, siapa saja yang lolos dan ditetapkan menjadi calon kakon.

"Tentu dalam hal ini, panitia pilkakon tingkat pekon harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Tahapan selanjutnya masih akan berlangsung hingga tanggal 7 Juli mendatang," ujarnya.

Sekretaris Panitia Pilkakon tingkat kabupaten ini juga menerangkan, bahwa panitia pilkakon di semua tingkatan baik itu pekon, kecamatan dan juga kabupaten terus senantiasa membahas proses dan langkah-langkah jelang pilkakon tersebut.

Adapun terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana pemilihan ia mengatakan ada bagian bagian yang disiapkan oleh pekon dan juga kabupaten. (ehl/iqb/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: