Wantannas Ingin Tahu Situasi dan Kondisi Lamteng

Wantannas Ingin Tahu Situasi dan Kondisi Lamteng

Medialampung.co.id. - Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI bersama rombongan mengunjungi Lampung Tengah. Rombongan yang dipimpin Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan.

Laksamana Muda TNI Gregorius Agung, W.D., M.Tr. (Han) disambut Bupati Lamteng Musa Ahmad dan Forkopimda di rumah dinas Nuwo Balak, Selasa (26/10).

Bupati Lamteng Musa Ahmad menyatakan Lamteng selalu mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat sehingga program-program bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. "Kami selalu mendukung program yang dicanangkan pemerintah pusat. Ini agar bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Musa juga memaparkan situasi kondisi pandemi Covid-19 di Lamteng mulai dari penanganan sampai percepatan vaksin. "Kita sedang lakukan percepatan vaksinasi sehingga terbentuk herd immunity. Sedangkan situasi keamanan di Lamteng saat ini kondusif. Ini semua berkat dukungan dari TNI-Polri dan masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan di wilayahnya," ungkapnya.

Laksamana Muda TNI Gregorius Agung menyatakan Wantannas adalah satu lembaga yang memiliki tugasĀ  memberikan masukan dan kebijakan strategis atau saran kepada presiden pada saat negara krisis. "Lamteng dengan wilayah terluas di Lampung mempunyai banyak potensi sumber daya yang dikembangkan. Perlu adanya pengawasan dari pihak terkait dalam hal pengembangan," katanya

Di sektor pertanian dan perkebunan, kata Gregorius, Lamteng mempunyai banyak potensi yang dapat diekspor. "Lamteng bisa dikatakan aset besar yang dimiliki Indonesia," ungkapnya.

Dalam penanggulangan kerawanan sosial saat pandemi Covid-19, Gregorius juga meminta masukan dan data permasalahan yang ada untuk saran ke Presiden RI. "Mohon masukan dan data permasalahan di Lamteng untuk saran ke Presiden RI," katanya.

Sigit dari Lembaga Ketahanan Pangan RI juga meminta informasi kerawanan sosial dampak Covid-19 atau konflik lahan. "Lamteng menjadi andalan ekonomi, terutama di sektor pertanian. Mohon informasi kerawanan sosial untuk dampak Covid -19, konflik, dan sengketa lahan. Ini agar dapat menyampaikan konflik tanah yang tidak ditangani dan menjadi sengketa lahan di Lamteng," ungkapnya.

Dalam rombongan turut serta Ketua Tim Wantannas RI Laksamana Pertama TNI B.E.Palgunadi, Sekretaris Tim Kolonel Laut (S) Darmansyah Nasution. Selain disambut bupati dan Forkopimda, hadir juga Kabiro Ekonomi Pemprov Lampung, kepala OPD, serta perwakilan PT GGP dan PT GMP. (sya/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: