88 KPM di Lumboktimur Terima BLT-DD Triwulan Pertama

88 KPM di Lumboktimur Terima BLT-DD Triwulan Pertama

--

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Lumboktimur, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) triwulan pertama tahun 2022 atau untuk alokasi Januari, Februari dan Maret kepada 88 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kamis (16/6).

Penyaluran BLT-DD yang berlangsung di balai pekon setempat itu dihadiri Sekcam Lumbokseminung Edwar, Peratin Lumboktimur Gunadi, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa serta jajaran LHP.

Dalam kesempatan itu, Edwar mewakili Camat Lumbokseminung Erwin Ardiansya Putra, berpesan agar BLT-DD yang disalurkan untuk alokasi Januari hingga Maret tersebut dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok. 

“Bantuan ini merupakan kebijakan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, kami berharap bantuan dapat digunakan sebaik mungkin karena bantuan ini sifatnya sementara,” pesannya.

Sementara, Pendamping Desa Lumboktimur Fiki Rusli menyampaikan bahwa penyaluran BLT-DD ini merupakan realisasi dari Peraturan Presiden nomor.104/2021 dan peraturan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi (kemendes PDTT) No.7/2021, yang mengatur alokasi penggunaan dana desa (DD) pada tahun 2022, dimana 40% alokasi dana desa disalurkan untuk bantuan langsung tunai. 

“Prioritas penerima bantuan ini yakni masyarakat yang ekonominya terdampak akibat wabah Covid-19, warga lansia, memiliki penyakit menahun serta beberapa kriteria lainnya. dan perlu kami tegaskan bahwa penerima BLT-DD juga tidak boleh tumpang tindih dengan penerima bantuan lain, seperti PKH, BPNT dan bansos lainnya,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Peratin Lumboktimur Gunadi menuturkan bahwa dalam pemanfaatan dana desa salah satu prioritasnya adalah untuk penanganan Covid-19 diantaranya terkait penyaluran BLT-DD. Pada pencairan ini setiap setiap KPM menerima sebesar Rp900 Ribu dari alokasi 3 bulan.

“Dari hasil Musdesus sebelumnya bahwa ada 88 warga yang layak menjadi KPM BLT-DD sebesar Rp300 ribu/bulan. Para penerima INI masuk kategori warga lanjut usia yang pra sejahtera dan belum tersentuh bantuan apapun,” kata dia.

 

Dengan disalurkannya BLT-DD tersebut juga mengajak masyarakat untuk terus mendukung upaya penanganan Covid-19 yakni dengan mengikuti vaksinasi yang diprogramkan pemerintah serta bersinergi untuk mensukseskan program kerja di masa kepemimpinannya pada periode 2022-2028. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: