Melalui Program Subsidi PSKK, BNSP Dukung Kebangkitan Pariwisata Lampung

Melalui Program Subsidi PSKK, BNSP Dukung Kebangkitan Pariwisata Lampung

--

Medialampung.co.id - Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mendukung kebangkitan pariwisata di Provinsi Lampung melalui program subsidi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) bagi SDM sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Menurut Komisioner BNSP Aldo Tobing, Provinsi Lampung menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang berpotensi besar untuk dikembangkan melalui wisata alam dan kekayaan budayanya.

“Tentunya hal ini harus didukung dengan SDM bidang pariwisata yang kompeten dan unggul melalui program sertifikasi kompetensi kerja,” kata Aldo Tobing.

Di Provinsi Lampung, Sertifikasi kompetensi dilaksanakan oleh lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Rafflesia untuk skema sertifikasi pemandu wisata dan perhotelan.

Tahun ini BNSP memberikan subsidi sebanyak 5712 paket senilai Rp.52 miliar sebagai stimulus tercapainya percepatan sertifikasi kompetensi kerja di semua bidang profesi di seluruh Indonesia secara khusus bagi yang terdampak langsung pandemi Covid-19.

Aldo Tobing menegaskan dana subsidi BNSP harus memberi dampak secara langsung terhadap kebangkitan pariwisata di Provinsi Lampung.

“Dengan potensi alam yang indah ditambah infrastruktur yang memadai serta dibarengi dengan SDM yang kompeten kita optimis  pariwisata nasional akan bangkit bahkan semakin berkembang,” ujarnya.

Sementara Direktur LSPP Rafflesia Nanda menyampaikan tentang pentingnya sertifikat kompetensi sesuai dengan amanah Undang-Undang Pariwisata No.10/2009, dimana seseorang diberi pengakuan secara resmi oleh Pemerintah yaitu LSP yang terlisensi BNSP.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: