Wagub Akan Hadiri Peringatan Hari Pramuka ke-58

Wagub Akan Hadiri Peringatan Hari Pramuka ke-58

Medialampung.co.id - Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim diagendakan besok akan menghadiri peringatan hari pramuka ke-58 tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kwartir Cabang Lampung Barat, yakni di Stadion Bumi Skala Bekhak Pekon Wates Kecamatan Balikbukit.

Rangkaian peringatan Hari Pramuka yang bertema “Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” daerah Lampung ke-58 meliputi kemah bersama oleh Pramuka Kwarcab Lampung Barat, Kirab Panji Gerakan Pramuka dari Bandar Lampung menuju Liwa, ulang janji dan renungan suci, dan puncaknya Apel Besar Hari Pramuka, Kamis (29/8), kegiatan donor darah, ziarah/tabur bunga, atraksi gamolan, penanaman pohon, City Tour, serta penyerahan sertifikat akreditasi.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengajak anggota pramuka untuk berkolaborasi bersama pemerintah untuk mengedukasi dan menggalakkan gerakan sapu bersih jerat satwa di seluruh kawasan hutan di Provinsi Lampung. Menurutnya, jerat menjadi ancaman bagi kelestarian satwa di Indonesia.

“Kontribusi nyata yang dapat kita lakukan adalah berpartisipasi aktif menghentikan jerat satwa liar yang dilindungi. Saya berharap pramuka ikut berkolaborasi bersama pemerintah menggalakan gerakan melawan jerat, karena jerat ini mengancam keberadaan satwa liar kita,” ungkapnya.

Menurut dia, jerat menjadi ancaman serius bagi populasi satwa seperti harimau, badak, gajah, dan satwa lainnya. Perangkap ini menjadi berbahaya karena tidak memiliki target spesifik, dan satwa apapun yang bukan sasaran bisa menjadi korbannya.

Dilain pihak, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lampung Barat Drs. Nukman MS, M.M.,mengatakan, berbagai rangkaian kegiatan HUT Pramuka se-Provinsi Lampung yang akan dipusatkan di Kabupaten Lampung Barat diharapkan akan terselenggara dengan meriah. Hal ini dikarenakan berbagai rangkaian acara telah dipersiapkan, mulai penanaman seribu pohon, bakti sosial, city tour, literasi kecakapan pramuka, atraksi gamolan pekhing, atraksi nyambai, atraksi marching band, konfigurasi pramuka dan pameran dan lainnya.

Menurut dia, kirab Panji Gerakan Pramuka yang telah dilepas hari ini, Rabu (28/8) dari Graha Bakti Pramuka Bandar Lampung menuju Lampung Barat melewati Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus dan Pesisir Barat.  Panji akan dikawal pramuka penegak  dan pandega bersama Polda Lampung.

”Untuk renungan dan ulang janji akan dilaksanakan Rabu malam di kawasan Sekuting Terpadu, Lampung Barat. Besok akan dilaksanakan apel besar Hari Pramuka ke-58 dengan pembina upacara Ketua Mabida Gerakan Pramuka Lampung. Dalam apel besar akan dimeriahkan atraksi pramuka dan budaya Lampung Barat, serta penyerahan tanda penghargaan gerakan Pramuka,” kata  Nukman .

Kesiapan lain dalam menyambut kontingen Kwartir Cabang se-Lampung disiapkan homestay di sekitar lokasi, juga lokasi berkemah bersama anggota Gerakan Pramuka Lampung Barat sejak Selasa (27/8). (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: