Usai Pelantikan, Budi Utomo Akan Tempati Rumah Dinas

Usai Pelantikan, Budi Utomo Akan Tempati Rumah Dinas

Medialampung.co.id - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Utara (Lampura), Budi Utomo direncanakan akan mulai menempati rumah dinas (Rumdis) jabatan bupati kabupaten setempat, setelah resmi dilantik Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi pada Selasa 3 November 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kabag Umum Sekretariat Pemkab Lampung Utara (Lampura), Herwan.

Herwan mengatakan, sebelumnya pada Kamis malam (29/10), Plt Bupati Budi Utomo telah melakukan doa bersama keluarga di rumdis jabatan yang dirangkai pembacaan surat Yasin.

“Doa bersama dimaksudkan dalam rangka persiapan akan menempati rumdis jabatan pada 3 November 2020 pasca prosesi pelantikan di Balai Keratun Komplek kantor gubernur,” kata Herwan.

Herwan juga menjelaskan, direncanakan pada hari Selasa 3 November 2020 setelah kembali ke Lampung Utara, pada malam harinya direncanakan pula acara penyambutan sekaligus tasyakuran bersama seluruh pimpinan OPD dan satker di lingkungan pemkab setempat.

“Karena undangan yang menghadiri pelantikan dibatasi, maka kegiatan penyambutan dilakukan di rumdis jabatan, sekaligus ramah tamah dan tasyakuran,” jelasnya.

Herwan juga mengatakan, setelah kegiatan di rumdis yang terkhusus untuk para pejabat dan ASN, direncanakan pula, acara tasyakuran dan doa bersama di rumah kediaman pribadi Bupati Budi Utomo, di SKIP Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan.

“Saat Tasyakuran di rumah pribadi diperkenankan bagi masyarakat umum untuk datang dan ikut mengucapkan selamat,” terangnya.

Sementara, dijadwalkan pula lanjut Herwan, pada Jumat (5/11/2020) selepas waktu Asar, Budi Utomo akan menggelar tasyakuran dan doa bersama kepada seluruh wartawan, LSM, OKP dan Ormas.

“Jika tidak ada perubahan jadwal, acara ramah tamah dengan para wartawan, LSM, OKP dan Ormas di dilaksanakan Rumdis jabatan Bupati Lampura, ba’da Asar Jumat sore,” bebernya.

Sementara, Sekretaris Daerah Lampura, Drs. Lekok, MM mengatakan, beberapa tamu undangan yang akan mengikuti prosesi pelantikan Bupati Lampura, Budi Utomo diantaranya adalah Forkopimda; Plt Kepala Dinas Kominfo dan Kabag Humas sekretariat daerah, Inspektorat Kabupaten setempat. 

Sebab, kewenangannya ada di pemerintah Provinsi, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

"Kita hanya sebagai tamu undangan disini, segalanya mereka (pemprov) yang atur. Apalagi Bandar Lampung masuk zona merah, jadi sangat ketat mengenai hal ini," kata dia.

"Rencananya malam akan ada syukuran, dalam rangka menempati rumah baru. Sekaligus disana silaturahmi dengan tokoh adat, masyarakat, serta elemen masyarakat lain. Dalam rangka mendukung program pembangunan kedepannya," terangnya.

Terkait dengan persiapan sendiri, Lekok berujar tak ada persiapan khusus. Sebab, semua telah dilakukan oleh pemerintah provinsi, dan didaerah hanya mempersiapkan rumah dinas yang akan ditempati Bupati. Sekaligus mempersiapkan kegiatan akan dilaksanakan malamnya.

"Mereka yang tidak ikut itu mempersiapkan rumah dinas, untuk ditempati Bupati setelah dilantik. Sekaligus akan ada syukuran dan ramah tamah dengan elemen masyarakat, seperti 45 anggota dewan, forkopimda dan lainnya. Semua dipersiapkan disana," imbuhnya.

Untuk kegiatan di Bandar Lampung, kata dia, tidak ada yang dikhususkan. Sebab, Bupati dan rombongan akan langsung pulang dalam persiapan acara malamnya.

"Jadi setelah acara pelantikan, Bupati dan rombongan akan langsung pulang. Dan menempati rumah dinas yang sebelumnya kosong, sudah kita persiapkan sejak jauh hari," pungkasnya. (ozy/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: