Pasca Banjir, Pemkab Tanggamus Turunkan Alat Berat ke Kelumbayan

Pasca Banjir, Pemkab Tanggamus Turunkan Alat Berat ke Kelumbayan

Medialampung.co.id - Satu alat berat diturunkan untuk melakukan normalisasi aliran sungai Way Napal dan Way Balak di Kecamatan Kelumbayan.

Eskavator dari BPBD diturunkan pasca bupati Tanggamus Dewi Handajani meninju sejumlah titik Pekon (desa) yang terdampak banjir di kecamatan tersebut. 

Camat Kelumbayan Nauval Syahri ketika dikonfirmasi Medialampung.co.id Senin (27/12) mengatakan, saat bupati meninjau daerah terdampak banjir, bupati menanyakan penyebab banjir. 

“Salah satu penyebab banjir adalah karena terjadinya pendangkalan dan penyempitan badan sungai Way Napal dan Way Balak,” terang Nauval Syahri. 

Setelah melakukan peninjauan sejumlah titik banjir bersama Kepala BPBD dan dinas instansi terkait, akhirnya Bunda Dewi (panggilan akrab bupati) memerintahkan agar BPBD segera menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi alur sungai Way Balak dan Way Napal. 

"Dimana Senin malam sementara satu alat berat Alhamdulillah telah tiba di Kelumbayan untuk melakukan normalisasi. Namun hari ini karena Minggu malam terjadi longsor di Kelumbayan Barat, sementara alat berat digunakan membersihkan material longsor terlebih dahulu,” pungkasnya.

Pasca banjir saat ini aktivitas masyarakat Kelumbayan telah kembali normal. Namun warga diimbau tetap waspada terutama saat terjadi hujan deras. (ehl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: