Pasca Banjir, Pemkab Tanggamus Beri Bantuan Benih Ikan Bandeng

Pasca Banjir, Pemkab Tanggamus Beri Bantuan Benih Ikan Bandeng

Medialampung.co.id - Dinas Perikanan Kabupaten Tanggamus akan memberikan bantuan benih ikan bandeng bagi pembudidaya di Kecamatan Semaka dan Wonosobo.

Menurut Kepala Bidang Perikanan Budi Daya, Sigit Bayu Premono, bantuan benih diberikan bagi pembudidaya yang terkena dampak banjir bandang di dua Kecamatan tahun 2018 lalu.

"Saat banjir bandang menerjang dua kecamatan yakni Wonosobo dan Semaka tahun 2018 lalu, banyak pembudidaya bandeng merugi karena benih ikan hingga ikan siap panen hanyut terbawa banjir dan berdasarkan pendataan kami ada sekitar 500 ribuan benih yang hilang tersapu banjir," kata Sigit mewakili Kepala Dinas Perikanan Tanggamus Edi Narimo, Rabu (28/1).

Dilanjutkannya bahwa bantuan benih yang diberikan pemda Tanggamus sebagai bentuk perhatian dan kepedulian atas musibah yang tengah dihadapi para pembudidaya. Total ada tujuh pembinaan bandeng yang nantinya mendapat bantuan benih.

"Bantuan tersebut bukan karena adanya proposal yang diajukan pembudidaya, ini murni kami turun dan melakukan pendataan. Lalu kami usulkan dan disetujui DPRD," kata dia.

Dilanjutkan Sigit, bahwa bantuan benih yang diberikan nantinya hanya 168 ribu benih. Jumlah tersebut memang belum dapat meng-cover semua kerugian kelompok pembudidaya.

"Kemampuan keuangan daerah terbatas sehingga kemampuannya hanya sampai 168 ribu benih. Kedepan kami akan upayakan lagi agar bantuan serupa diberikan," ucapnya. (rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: