Pasar Tradisional Kota Agung Disemprot Disinfektan

Pasar Tradisional Kota Agung Disemprot Disinfektan

Medialampung.co.id - Pasar tradisional Kota Agung di semprot cairan desinfektan oleh petugas gabungan, Selasa sore (24/3).Selain pasar petugas juga menyemprot sejumlah ruang publik di Kotaagung seperti masjid, markas Kodim 0424 hingga gedung sekolah dasar. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, petugas menyemprotkan cairan desinfektan di los pasar, pintu rolling door, kantor satuan pengamanan (Satpam) dan kantor perbankan yang berada di Kompleks Pasar Kotaagung. 

Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M Thoha mewakili Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Hamid H. Lubis mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan merupakan tindak lanjut dari intruksi pemerintah pusat dalam mencegah dan memerangi Virus Corona atau Covid-19. 

Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk sinergitas Forkopimda Kabupaten Tanggamus dalam upaya mencegah dan memerangi virus Corona yang sedang menjadi pandemi saat ini.

"Kita berupaya melaksanakan penyemprotan di tempat-tempat umum dimana tempat tersebut sering dijadikan tempat untuk berinteraksi. Dari kemarin sudah mulai untuk hari ini dari pagi kita semprot, mulai dari Markas Kodim 0424, gedung SD, SPBU, Masjid, dan Pasar Kotaagung, habis dari sini kita menyemprot Pasar Talangpadang, "ujar Ediyan M. Thoha didampingi Staf Ahli Bupati Bidang KSDM Firman Ranie dan Kepala Diskes Taufik Hidayat. 

Dijelaskan Ediyan M Thoha bahwa penyemprotan sebagai upaya pencegahan Covid-19 di sejumlah fasilitas umum dan pasar. Dipilihnya pasar, karena tempat berinteraksi banyak orang. 

"Kita tahu saat ini, Corona menjadi virus yang sangat mematikan, banyak korban meninggal dunia. Maka dari itu, kita berupaya untuk mencegah agar jangan sampai virus tersebut menjangkiti warga Tanggamus, "ujarnya. 

Dirinya Ediyan bahwa ada puluhan petugas yang terlibat, terdiri dari personel Polres Tanggamus, Kodim 0424, BPBD, Basarnas, PMI, Dinas Kesehatan dan Ormas. Mari kita bersama-sama memerangi virus Corona yang sedang mewabah saat ini. Caranya, jaga kebersihan, hindari tempat keramaian dan berdiam diri dirumah.

Sementara,  Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan cairan bahwa saat ini stok desinfektan yang ada di Diskes sebanyak 21 liter. Jumlah tersebut, dirasa masih cukup untuk menyemprotkan tempat publik sambil menunggu kiriman dari distributor. "Sementara ini cukup, kita juga sedang menunggu kiriman dari distributor," ujar Taufik. 

Ia juga menyebut bahwa, di Tanggamus ada 27 orang dalam pemantauan (ODP) mereka ini sebelumnya mengunjungi daerah yang ada kasus Coronanya seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan Jawa Tengah. "Senin kemarin 16 ODP, sekarang jadi 27 ODP pertambahan ini, karena ada yang baru datang dari daerah terjangkit Corona, mereka ini terus kita pantau kondisi kesehatannya, semua tim surveilans puskesmas sudah bekerja maksimal dan selalu berkoordinasi dengan direktur RSUD Batin Mangunang Kotaagung, dan alhamdulillah ke 27 ODP sampai saat ini dinyatakan sehat dan negatif Corona, "ujar Taufik 

Terpisah usai penyemprotan desinfektan Darwin selaku pengurus Masjid di area Pasar Kota Agung mengaku berterimakasih atas kepedulian pemerintah. 

"Kami sangat berterima kasih atas karena disini banyak interaksi masyarakat dan kumpul di pasar, sehingga antisipasi terhadap virus corona sangat positif sekali," ucapnya. (rnn/ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: