Pekon Pagardewa Gulirkan BLT-DD Triwulan Kedua Kepada 89 KPM

Pekon Pagardewa Gulirkan BLT-DD Triwulan Kedua Kepada 89 KPM

--

Medialampung.co.id - Rabu (15/6) menjadi giliran Pekon Pagardewa, Kecamatan Paragdewa, Kabupaten Lampung Barat mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk triwulan kedua periode April, Mei Dan Juni, kepada 89 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

 

Seperti sebelumnya dalam penyaluran BLT-DD pekon tersebut, pihak pekon tetap mengedepankan transparansi, yakni seluruh KPM diundang ke balai pekon untuk dibagikan bantuan masing-masing dengan jumlah Rp900 ribu per KPM. 

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh semua unsur pemerintah baik kecamatan, maupun pekon beserta aparat babinsa, babinkamtibmas maupun pendamping desa dan lokal desa.  

 

Peratin Pagardewa Rosdani mengatakan total dana yang disalurkan triwulan kedua ini sama dengan pada penyaluran pertama sebesar Rp80.100.000.

 

"Alhamdulilah proses pencairan BLT-DD dari pemerintah melalui bank tidak ada kendala sebagaimana usulan yang telah dilakukan oleh petugas pekon hingga saat ini kita dapat kembali mendistribusikan kepada masyarakat penerima," terangnya.

 

Dan terkait itu Rosdani berharap bantuan dimanfaatkan tepat guna, seperti apa yang menjadi kebutuhan urgen keluarga, baik untuk beli sembako ataupun untuk urusan kesehatan. 

"Walaupun sekarang kita dalam suasana baik yakni sedang musim kopi tapi buahnya sedikit artinya dana yang dimiliki agar dimanfaatkan dengan bijak sesuai kebutuhan," imbau dia.

 

Kembali di ulasnya, penyaluran BLT-DD ini merupakan realisasi peraturan presiden No.104/2021 dan peraturan menteri desa PDTT No.7/2021, yang mengatur alokasi penggunaan dana desa (DD) pada tahun 2022. Dimana anggaran dana desa sedikitnya 40% untuk bantuan langsung tunai.

 

 

Artinya penyaluran BLT-DD tahun ini adalah sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam membantu pemulihan ekonomi masyarakat di tengah dampak wabah Covid-19. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: