Festival Literasi Sukses Digelar

Festival Literasi Sukses Digelar

--

Medialampung.co.id - Festival Literasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022, sukses digelar yang dipusatkan di Taman Kota Liwa, Selasa (14/6) yang dihadiri oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Desi Ari Pressanti, S.S.M., Hum, Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Barat Gurti Komarawati Mad Hasnurin, serta undangan lainya. 

Dalam acara tersebut, Ketua GLD Lampung Barat Partinia memberikan bantuan berupa buku kepada seluruh peserta Lamban Baca se-Kabupaten Lampung Barat. Tidak hanya itu Festival Literasi tersebut dimeriahkan dengan adanya perlombaan Duta Literasi, Lomba Cipta Lagu Pendek Literasi, Lomba Foto Giat Literasi, Lomba Menggambar, Lomba Majalah Dinding dan Mewarnai.

Perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh peserta dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Lampung Barat. 

Dalam sambutanya, Partinia mengungkapkan, Festival Literasi tersebut merupakan salah satu media kampanye gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat. Kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya oleh Tim GLD dan direncanakan akan digelar setiap tahun. 

Festival ini dilaksanakan dalam rangka peringatan pencanangan Lampung Barat sebagai Kabupaten literasi, peringatan hari pendidikan nasional, dan peringatan hari lahir pancasila.

Partinia mengatakan pada bulan April tahun 2022 lalu Tim GLD Kabupaten Lampung Barat telah melaksanakan berbagai macam rangkaian perlombaan. Beberapa perlombaan yang telah dilaksanakan diantaranya lomba cipta lagu pendek literasi atau jingle literasi yang diikuti oleh 10 finalis. 

Finalis tersebut ada yang berasal dari luar daerah seperti Tangerang, Provinsi Jawa Barat, ini menunjukan bahwa masyarakat begitu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, bahkan oleh masyarakat dari luar daerah.

Kemudian lomba foto giat literasi lamban baca yang pelaksanaannya diikuti oleh 264 foto dari seluruh pengelola lamban baca dan pengunjung tetap lamban baca se-Kabupaten Lambar. 

Lalu lomba majalah dinding tingkat SMP yang diikuti oleh 19 sekolah menengah pertama (SMP) se-Kabupaten Lampung Barat, lomba menggambar anak-anak pengunjung lamban baca usia SD yang diikuti 47 peserta se Kabupaten Lambar. 

Lomba mewarnai tingkat TK se-Kecamatan Balik bukit yang diikuti oleh 100 peserta dari wilayah setempat, pemilihan duta literasi yang diikuti oleh sebanyak 33 peserta dan terpilih sebanyak 10 peserta yang menjadi Duta Literasi.

Kemudian terakhir apresiasi Literasi yang merupakan penghargaan tertinggi kepada pihak yang telah berkontribusi terhadap kemajuan gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat.

Partinia berharap literasi yang merupakan gerakan bersama ini yang telah dicanangkan pada tahun 2018 lalu berhasil sehingga literasi untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Alhamdulilah, pada tahun 2021 lalu telah meraih beberapa penghargaan tertinggi, Nugra Jasa Dharma Pustaloka yang diterima oleh Bupati Lampung Barat dengan kategori pejabat publik, dan Bunda Yusmalasari sebagai kategori masyarakat, serta juara satu tingkat nasional perpustakaan desa yang diterima oleh perpustakaan Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian, dan sebelumnya pada tahun 2019 perpustakaan Pekon Padang Tambak meraih terbaik ke-4 tingkat nasional jadi kita sudah sepatutnya berbangga,” tegasnya.

Sementara Bupati Parosil Mabsus mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan lanjutan, sebetulnya kegiatan ini sudah sering dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. 

Menurut Parosil, kegiatan seperti ini selaras dengan komitmen pemerintah Kabupaten Lampung Barat yakni Kabupaten Literasi. Komitmen ini bukan komitmen sembarangan, tujuannya yakni menumbuh kembangkan minat baca kepada anak sehingga menumbuh kembangkan generasi muda yang cerdas. 

Selain itu, dalam memberikan edukasi kepada anak-anak ini, perlu adanya pembimbing dan juga pendamping. 

“Oleh karena itu, saya meminta kepada tim GLD Kabupaten Lampung Barat termasuk Dinas Perpustakaan dan Dinas Pendidikan untuk berkolaborasi dalam memberikan edukasi dalam rangka menumbuh kembangkan minat baca terhadap anak,” kata dia

Dikatakannya, menumbuh kembangkan minat baca terhadap anak-anak ini sangatlah penting apalagi di tengah kemajuan teknologi saat ini terjadi pergeseran keinginan dan kebiasaan terhadap anak.

“Jadi kita sebagai orang tua harus mengikuti kemajuan teknologi dan harus memberikan edukasi terhadap anak meskipun mereka lebih pintar dan canggih. Namun bicara pengawasan utamanya dari orang tua terlebih dahulu,” ungkap dia

Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, Parosil menyampaikan apresiasi atas digelarnya Festival Literasi.

“Harapannya kegiatan tersebut bisa dicontoh oleh kabupaten lain yang ada di Provinsi Lampung,” tutupnya.

Dilain pihak, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Festival Literasi Jansje BJ Keseh, S.Pd mengatakan, adapun data penghargaan/cabang lomba pada Festival Literasi yaitu untuk lomba Apresiasi Literasi PT. Liwa Sehat Madani / RSIA Bunda Liwa, Forum Literasi Lampung Barat dan Putra Pratama.

Lalu, Duta Literasi yaitu juara I Fadilla Aulia Putri, juara II Farhan Jul Adhanta, juara III Helena Ken Grace Natalie, juara IV Meutia Wangi Asyifa serta juara V Wahyuda Pratama. 

Lomba Foto Giat Literasi Lamban Baca yaitu juara I Lamban Baca Sai Betik, juara II Lamban Baca Efrata Liwa, juara III Lamban Baca Seakkonan Sekincau, juara IV Lamban Baca WKRI ST Theodorus Liwa dan juara V Lamban Baca Karunia Liwa.

Sedangkan lomba Cipta Jingle Literasi yaitu juara I Putri (SMK Voctech 2 Tangerang), juara II Kamikustik, juara III Clarisa Jesika H, juara IV Dipta Band (SMAN 1 Sekincau). 

Lalu lomba majalah dinding yakni juara 1 SMPN 3 Liwa, juara II SMPN Sekuting Terpadu, juara III SMPN 2 Liwa. Lomba menggambar yaitu juara I Chery Galuh (LB Sai Betik), juara II Agni Maula Qurrotal Aini (LB KAK IAN), juara III Najwa Madrenatul Arifan (LB IQRO).

 

Lanjutnya, lomba mewarnai yakni juara I Ghaisan Al Ghifari, juara II Athaya Thalita Fatma, juara III Safyah Maryam Jamiela, juaraIV Khansa Khoirunisa dan juara V Ani Maryam dan juara VII Dhiya Shazia Rizqah. (lin/lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: