Lestarikan Musik Tradisional Lampung dengan Lomba Orkes Gambus

Lestarikan Musik Tradisional Lampung dengan Lomba Orkes Gambus

--

Medialampung.co.id - Malam keempat gelaran Pameran Pembangunan Krui Fair 2022 pada Senin (13/6), diisi dengan lomba orkes gambus yang dipusatkan di panggung utama, Lapangan Pelita Jaya, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. 

Sebanyak 24 grup orkes ambil bagian dalam perlombaan yang dilaksanakan dalam memperingati HUT ke-9 Kabupaten Pesbar, dari 24 grup orkes itu, hanya tiga grup yang berasal dari Kabupaten Pesbar sedangkan 21 grup lainnya berasal dari Kabupaten Lampung Barat. 

Masih minimnya grup orkes di kabupaten berjuluk negeri para saibatin dan ulama itu, menjadi salah satu alasan panitia penyelenggara melaksanakan lomba orkes gambus tersebut. 

"Tiga grup orkes gambus di Kabupaten Pesbar yang menjadi peserta lomba malam inj berasal dari Kecamatan Bangkunat, Ngaras dan Ngambur, sedangkan dari kecamatan lainnya belum ada," ungkap Kadis PMPTSP Drs. Jon Edwar, M.Pd.

Menurutnya, melalui gelaran lomba orkes gambus tersebut diharapkan bisa menarik minat masyarakat di seluruh pekon di kabupaten setempat agar kembali aktif melestarikan musik tradisional Lampung.

"Kami mengajak masyarakat agar bersama-sama mengangkat musik tradisional Lampung di kabupaten ini salah satunya orkes gambus, sehingga tahun depan peserta yang tampil banyak dari Kabupaten Pesbar," jelasnya.

Lanjutnya, tahun ini peserta yang ambil bagian dalam lomba orkes gambus sebagian besar berasal dari Lampung Barat, setelah kegiatan tersebut diharapkan minat masyarakat bisa muncul untuk membentuk grup orkes. 

"Dalam melestarikan orkes gambus ini masyarakat harus membentuk grup musik dengan sejumlah alat musik yang menghasilkan instrumen musik lampung," tutupnya. (ygi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: