Untung Tinjau Langsung Kegiatan Benah Rumah

Untung Tinjau Langsung Kegiatan Benah Rumah

Medialampung.co.id – Dalam agenda reses Anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat dari Daerah Pilih (Dapil) III Fraksi Gerindra Hi. Untung, melakukan penyerapan aspirasi masyarakat di Kecamatan Sekincau.

Salah satunya dengan meninjau kegiatan karang taruna Kelurahan Sekincau berupa program sosial Benah Rumah warga tidak mampu.

Pada kesempatan itu, Untung melihat langsung kegiatan sosial tersebut, dan mengapresiasi program benah rumah yang diprakarsai karang taruna tersebut sebagai betuk kekompakan dan kebersama antar sesama.

"Benah rumah ini, sama halnya dengan program pemerintah bedah rumah, namun untuk kapasitas benah rumah ini biayanya kecil antara Rp2,5-5 juta, dengan bentuk kegiatan dana dibelikan material, dan pengerjaaanya dilaksanakan secara gotong royong," ungkapnya.

Untung berinisiatif, program sosial benah rumah itu akan diajukan ke Pemkab Lambar untuk diterapkan.

"Benah rumah ini dananya tak sebesar renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tapi sasarannya sama, kelebihannya keterlibatan sosial masyarakat lebih besar dengan bergotong royong," ujarnya.

Sementara Lurah Sekincau Juarah, S.Kom., menambahkan, sangat mendukung inisiatif Untung mengusulkan kegiatan benah rumah tersebut menjadi salah satu program pemkab disamping RTLH.

"Saya rasa sangat tepat program benah rumah tersebut, karena anggarannya maksimal hanya Lima juta dengan pemanfaatan perbaikan bangunan rumah yang memang sudah layak diganti, dan kegiatan ini sudah diterapkan sejak 2018 oleh karang taruna dan kepala lingkungan (kaling)," katanya.

Oleh sebab itu selain mendung menjadi program pemkab, pihak kelurahan juga akan mengusulkan supaya dapat dianggarkan melalui Anggaran Dana Kelurahan (ADK).

Sekedar diketahui, yang memperoleh program benah rumah tahun ini adalah Suparnyoto, warga Lingkungan Rejosari. Terpilihnya Suparnyoto atas dasar musyawarah mufakat antara tokoh-tokoh bersama aparatur kelurahan. (ius/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: