Unila Peringkat 7 Nasional Universitas Terbaik Versi 4ICU

Unila Peringkat 7 Nasional Universitas Terbaik Versi 4ICU

Bandarlampung - Universitas Lampung berada di peringkat ketujuh nasional sebagai universitas terbaik dan terpopuler versi lembaga pemeringkat 4 International Collages and Universities (4ICU) tahun 2020.

Rektor Unila Prof Karomani melalui juru bicara rektor Kahfie Nazaruddin mengatakan, peringkat Unila dibandingkan tahun sebelumnya, posisinya naik dua peringkat. Peringkat tersebut mengalahkan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada posisi 9, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri di peringkat 12.

“Alhamdulillah. Ini merupakan kabar baik bagi civitas akademika Unila maupun masyarakat Lampung. Peringkat ke 7 nasional, dan nomor satu di Sumatera,”katanya, Sabtu (10/2).

Kahfie menjelaskan, 4ICU pada sistem pemeringkatan menggunakan kriteria tertentu. Lembaga pemeringkat lain, misalkan, webometrics, juga menggunakan kriteria. Namun 4ICU dan  webometrics  memakai kriteria yang tidak sama. 4ICU sendiri menggunakan beberapa kriteria. Antara lain  web presence  dan  web popularity  suatu perguruan tinggi.

"Jadi pengukuran 4ICU itu dilihat melalui seberapa tinggi lalu lintas website. Lalu, derajat kepercayaannya, bagaimana isinya itu bisa dipercayai. Serta quality link popularity,  yaitu seberapa populer serta bermutunya tautan ke dan dari suatu  website  perguruan tinggi," jelasnya.

Ia menambahkan, indikator 4ICU tidak menilai dari mutu pendidikan dan tingkat layanan akademik. Namun, 4ICU memberi peringkat berdasarkan penilaian non akademik.

"Dengan kriteria yang ada tersebut, 4ICU atau yang memiliki nama dagang  UniRank University Ranking, bertujuan untuk membantu mahasiswa maupun calon mahasiswa di luar negeri mengetahui popularitas sebuah perguruan tinggi," tukasnya. (rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: