UMKM di Pringsewu Punya Kesempatan Jadi Mitra Binaan PT Pertamina

UMKM di Pringsewu Punya Kesempatan Jadi Mitra Binaan PT Pertamina

Medialampung.co.id - Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Pringsewu. Menyusul adanya kesempatan kemitraan dengan PT. PERTAMINA (PERSERO) dalam bentuk pendampingan, pembinaan serta  permodalan.

Tujuan kemitraan ini menurut Junior Officer CSR & SMEPP PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan Astri Rica Puspita, pada dasarnya adalah untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan UMKM yang menjadi binaan Pertamina. Agar menjadi tangguh dan mandiri, sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Sektor usaha yang dapat mengikuti program kemitraan ini, diantaranya sektor perdagangan, peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, industri, jasa dan lainnya," jelas Astri Rica saat sosialisasi 

Program Kemitraan PT. Pertamina dengan UMKM di Aula Utama Kantor Pemkab Pringsewu, Jumat (17/7).

Adapun persyaratan agar dapat menjadi mitra binaan, yakni usaha milik WNI, aset atau kekayaan bersih maksimum Rp. 500 juta, omset total penjualan per tahun maksimum Rp.2,5 milyar, usaha telah berjalan minimal 6 bulan dan mempunyai potensi berkembang, usaha merupakan milik sendiri dan bukan anak perusahaan atau berafiliasi dengan usaha besar, serta badan usaha perseorangan dan tidak berbadan hukum, serta belum memenuhi persyaratan perbankan.

Lanjutnya  sejumlah manfaat setelah menjadi mitra binaan Pertamina, bunga atau di program kemitraan Pertamina disebut Jasa Administrasi, lebih rendah dan kompetitif dibanding lembaga perbankan. Sehingga tidak membebani mitra binaan.

Selain itu, mitra binaan akan mendapatkan kesempatan mengikuti pembekalan dan pelatihan untuk meningkatkan usaha yang dijalankan, serta berkesempatan mengikuti berbagai kegiatan pameran, baik di tingkat lokal, nasional hingga internasional untuk memperkenalkan produk mitra binaan Pertamina.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, yang hadir beserta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Johndrawadi, SE, MM, Kadis Koperindag Drs. Masykur Hasan, dan Kabag Prokopim Moudy Ary Nazolla, S.STP, MH., serta dari PT. Pertamina (Persero)  SDM dan Surveyor PT. Pertamina (Persero) Sumbagsel Setyo Permono, menyambut baik rencana tersebut.(sag/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: