Program Ketahanan Pangan, Pekon Margajaya Fokus di Sektor Hewani 

Program Ketahanan Pangan, Pekon Margajaya Fokus di Sektor Hewani 

Medialampung.co.id - Dalam rangka mengaplikasikan Keputusan Presiden (Kepres) tentang pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (TA) 2022, diantaranya untuk ketahanan pangan. 

Pekon Margajaya, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan memanfaatkannya program ketahanan pangan yang besarannya 20% Dana Desa (DD) tersebut dengan peternakan kambing.

Juru Tulis (Jurtul) Margajaya Siswanto mendampingi Peratin Heryadi Arnando, mengatakan, akan memfokuskan anggaran ketahanan pangan pada peternakan kambing, karena di sektor itu lebih tepat selain didukung mayoritas warga memiliki pengalaman beternak juga dukungan wilayah khususnya untuk kesiapan makanan (pakan).

Dalam pelaksanaanya nanti, peternakan kambing akan di kembangkan secara perorangan, dengan tetap menerapkan sistem pertanggungjawaban hasil dengan pengawasan dari pekon, yang tujuannya untuk pengembangan secara bergulir. 

Siswanto juga menyebutkan karena mayoritas penduduk pekon tersebut sebagai petani, kotoran kambing juga dapat digunakan sebagai pupuk organik (non kimia), hal itu juga upaya dalam meringankan beban warga dalam membeli pupuk kimia yang semakin hari semakin tinggi harganya. 

"Kalau untuk pemanfaatan pekarangan rumah dalam upaya ketahanan pangan memang sudah dijalankan sebagian besar masyarakat, karena itu kita fokus di bidang hewani dengan harapan akan mampu meningkatkan ekonomi warga," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: