FKAP Komitmen Perbaiki Jalan Bernah-Kalicinta

FKAP Komitmen Perbaiki Jalan Bernah-Kalicinta

Medialampung.co.id - Delapan Perusahaan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar Perusahaan (FKAP) di wilayah Kabupaten Lampung Utara kembali melaksanakan perbaikan jalan Bernah, Kotabumi-Kalicinta, Kecamatan Kotabumi Utara. 

Hal tersebut, menindaklanjuti rakor bersama unsur elemen masyarakat akhir bulan lalu, sesuai kesepakatan dalam musyawarah penyelesaian kerusakan jalan yang dikeluhkan masyarakat di kecamatan itu. Secara bertahap, sesuai kemampuan sejumlah perusahaan.

"Akhir pekan lalu, Sabtu, 3 April 2021, mereka telah melakukan perbaikkan. Sesuai kesepakatan di tingkat kabupaten, alhamdulillah sudah ada perbaikan kembali sesuai harapan masyarakat," kata Camat Kotabumi Utara, Doney F. Fahmi, Minggu, (4/3).

Menurutnya, itu sesuai kesepakatan, baik itu di tingkat kecamatan yang dijalin sebelum musyawarah di tingkat kabupaten. Guna peningkatan kualitas jalan Bernah-Kalicinta yang dilewati kendaraan milik kendaraan mengalami kerusakan. Sehingga berdampak bagi rakyat, khususnya di bidang ekonomi.

"Kami mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan perusahaan tergabung FKAP dalam rangka mengakomodir masyarakat, mudah-mudahan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas jalan. Yang berimbas kepada aktivitas ekonominya," terang Doney.

Doney---sapaan akrab Camat Kotabumi Utara---menjelaskan, berdasarkan hasil keputusan musyawarah di tingkat kecamatan, bahwasanya telah ada komitmen dari pihak perusahaan menggunakan jalan itu dalam memperbaiki kerusakan. 

Namun, kata dia, disesuaikan dengan kemampuannya, dan berharap ada sinergi terbangun dengan pemerintah daerah dalam memberikan solusi terhadap aspirasi masyarakat tersebut.

"Jadi kemarin ada dari Kapolsek, kepala desa dan perwakilan masyarakat Bernah-Kalicinta. Disana telah ada kesepakatan akan ada perbaikkan sesuai keinginan masyarakat, sebab, masyarakat memortal jalan di wilayah kita. Yakni berupa rigid dengan spot-spot tertentu, dari situ baru ada rakor di tingkat kabupaten," ungkapnya.

Informasi dikumpulkan di lapangan, perusahaan tergabung dalam FKAP secara simultan telah merealisasikan item menjadi keputusan bersama di tingkat kabupaten. 

Dengan menurunkan alat berat dan material pendukung guna perbaikkan jalan Bernah-Kalicinta yang juga menjadi akses vital ekonomi masyarakat.

"Kemarin kita telah menurunkan alat berat dan material untuk perbaikan jalan. Semoga ini dapat menjawab aspirasi masyarakat sesuai item keputusan dalam rapat, dan kami berharap dapat dukungan kedepannya," tambah Ketua Forum Komunikasi Antar Perusahaan (FKAP), Toni Sawang kepada awak media.

Pihaknya berkomitmen akan terus melaksanakan perbaikan sesuai kesepakatan rapat bersama elemen masyarakat.

Hal itu, kata dia, semata-mata dalam upaya meningkatkan kualitas jalan, dalam upaya bersama-sama mendorong program pemerintah. Khususnya dalam upaya mewujudkan jalan mantap, penopang akses ekonomi warga.

"Mudahan kedepan sinergitas ini dapat terus ditingkatkan, sehingga keberadaan perusahaan disini dapat menjadi solusi dalam upaya mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Tono Sawang.

Pihaknya juga, berkomitmen dengan perbaikan sejumlah titik berada di Jalan Bernah-Kalicinta yang masuk Kecamatan Kotabumi Utara.

"Perbaikan jalan ini, merupakan komitmen perusahaan tergabung dalam FKAP. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat berada di sepanjang jalan tersebut," tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Lampura siap melaksanakan penataan terhadap ruas jalan mengalami kerusakan, khususnya dilintasi kendaraan berat milik perusahaan.

Seperti yang ada di ruas jalan Bernah, Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi menuju Desa Kalicinta, Kecamatan Kotabumi Utara. Sehingga layak dilewati masyarakat, sebelum dipindah tangankan kepada Pemprov Lampung.

"Rencananya kedepan begitu, tapi untuk saat ini coba kita siasati di lapangan melalui koordinasi dengan pihak perusahaan. Sebab, pemerintah daerah juga memiliki kepentingan terhadap keberadaannya, sehingga harus ada timbal baliknya," kata Sekdakab Lampura, Lekok didampingi Asisten II Setdakab, Azwar Yazid usai memimpin rapat koordinasi bersama komponen masyarakat, terkait kerusakan jalan dilalui kendaraan perusahaan.

Menurut Lekok, dalam rapat tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan, diantaranya pihak perusahaan telah dan siap memperbaiki kerusakan jalan disana, dan meminta melaporkan bila di lapangan terjadi pungutan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan pihak tertentu. (adk/ozy/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: