Festival Megou Pak Digelar di 3 Lokasi

Festival Megou Pak Digelar di 3 Lokasi

Medialampung.co.id - Festival Megou Pak menjadi agenda rutin menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulangbawang.

Tahun ini, festival yang menyuguhkan beragam kesenian, budaya dan adat Megou Pak Tulangbawang dilaksanakan di tiga lokasi. Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Festival Seni Budaya Nusantara 2022.

Tiga tempat tersebut yakni tugu ikan jelabat Menggala, taman merah putih Banjaragung dan taman kerukunan di Banjarmargo.

Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulangbawang ke-25 yang jatuh tepat pada 20 Maret mendatang.

Bupati Tulangbawang Winarti menerangkan, festival Megou Pak digelar di tiga tempat agar masyarakat turut merasakan gegap gempita peringatan HUT ke-25 Kabupaten Tulangbawang.

Selain itu, kegiatan itu di gelar di tiga lokasi agar tidak menimbulkan penumpukan massa dan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pada peringatan HUT tahun ini, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) diminta untuk menampilkan kesenian yang berkaitan dengan adat dan budaya Megou Pak Tulangbawang.

"Keberagaman suku, adat, budaya dan agama telah menyatukan kita. Untuk itu kita harus terus melestarikan warisan ini dan melanjutkan dengan membangun Kabupaten Tulangbawang sepenuh hati, dilandasi dengan menjunjung tinggi kerukunan dan saling menghargai," kata Bupati, Selasa (8/3).

Karena itu, mantan ketua DPRD Tulangbawang tersebut berharap seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur dapat sama-sama menjaga dengan tulus, dan penuh pengabdian sehingga bisa menjadi daerah yang maju. (nal/mlo)

Sumber: