Fauzi Berharap Tim Terpadu Siaga Bencana Berfungsi Optimal

Fauzi Berharap Tim Terpadu Siaga Bencana Berfungsi Optimal

Medialampung.co.id - Tim Terpadu Siaga Bencana yang di miliki pemkab Pringsewu bukan hanya berfungsi saat terjadinya bencana, tetapi juga dalam antisipasi atau penencegahan dan setelah terjadinya bencana atau pasca bencana.

"Harapan saya, kita bisa bersama-sama mencegah dan menanggulangi terjadinya bencana," ungkap Wabup Pringsewu H. Fauzi menyikapi telah terbentuknya tim ini.

Kedepan, lanjut Fauzi, organisasi PMI juga dilibatkan dalam tim, berikut para sukarelawan.

"Setelah apel ada action dari Tim Terpadu Siaga Bencana dalam upaya mencegah terjadinya bencana," pesannya.

Fauzi juga meminta agar fungsinya di optimalkan. "Fungsikan Posko Terpadu ini sebagaimana mestinya, dan kita bisa meminta bantuan RAPI dan ORARI untuk kegiatan komunikasinya," katanya.

Seperti di ketahui Tim Terpadu Siaga Bencana menggelar apel di poskonya Jalan Veteran Pringsewu Barat, Kamis (27/2), dihadiri oleh Dandim 0424 Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Kapolres Pringsewu yang diwakili Kabag Ops AKP Langgeng, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pringsewu Edi Sumber Pamungkas, S.Sos., MM, dan SKPD lainnya.

Pada kesempatan itu Dandim 0424 Letkol Inf.Arman Aris Sallo mengatakan, bencana terbagi menjadi 3 kategori, yakni bencana alam, non alam dan bencana sosial (konflik).

"Kalau bisa di sini ada peta untuk mengetahui wilayah mana yang rawan terjadi bencana dan jenisnya. Dengan adanya peta, semua stakeholders  dapat dengan mudah mengetahuinya, sehingga bisa dianalisa dan diantisipasi. Kuncinya adalah gotong royong," ujarnya.(sag/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: